nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Hidangan khas Idul Adha dari Berbagai Negara, Banyak Kue Manis-Manis

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 22 Agustus 2018 21:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 22 298 1940036 5-hidangan-khas-idul-adha-dari-berbagai-negara-banyak-kue-manis-manis-0EyKW9a5Hc.jpg Suviya (Foto: Ist)

SAAT merayakan Idul Adha tak cuma identik dengan hidangan daging sapi atau kambing. Banyak menu spesial lainnya yang jadi kudapan favorit umat Muslim di dunia.

Kamu pasti tidak menyangka, karena di negara lain hidangan khas perayaan Idul Adha tidak cuma daging. Hidangan tersebut terdiri dari kudapan kue, roti isi, hingga puding yang manis.

Dilansir Okezone dari Independent, Rabu (22/8/2018), lebih lanjut, cari tahu aneka ragam hidangan istimewa tersebut yang tidak pernah dilewatkan. Ini dia ulasannya dan mari disimak yuk!

Maqluba

Hidangan tradisional ini sangat populer di negara-negara Timur Tengah. Rangkaian menunya terdiri dari sayuran goreng, daging ayau atau domba, kemudian dimasak dengan nasi. Masaknya di dalam pot yang harus dimatangkan di atas tungku kompor kayu bakar. Cita rasa dari maqluba kaya rempah wangi khas Timur Tengah.

Bolani

 

Di Afghanistan, Bolani adalah makanan populer selama Idul Fitri dan Idul Adha. Makanan tersebut berupa olahan kentang dan lada hitam, lalu biasanya dipanggang atau digoreng sampai membentuk kerak tipis. Agar semakin nikmat, hidangan kudapan ini disajikan dengan manis asamnya yogurt.

Ma'moul

 

Ma'moul merupakan hidangan kue yang dibuat dari kacang-kacangan, kurma atau buah ara. Cita rasa manis dari kue tersebut biasanya dihidangkan di akhir perayaan Idul Adha. Kue ini dibentuk unik, sampai ada yang berbentuk kubah Makkah. Biasanya kue tersebut disajikan di piring dengan tambahan biskuit. Bahkan, ada tradisi bertukar kue istimewa ini dengan kerabat dekat.

Tufahija

 

Umat Muslim Bosnia menyukai puding yang dibuat dengan buah apel ke dalam air gula. Kemudian disajikan dengan taburan kacang dan whipped cream. Kue ini biasa dinikmati dengan kopi yang unik rasanya.

Seviyan

 

Di Asia Selatan, seviyan atau dikenal dengan sheer kurma sering dimakan untuk sarapan setelah salat Idul Adha. Kudapan ini dibuat dari pasta gandum tipis dengan mentega, susu dan gula, serta berbagai rempah-rempah, juga kacang atau saffron. Hidangan ini juga populer dihidangkan saat Idul Fitri. Kue ini begitu istimewa dan dicari banyak orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini