nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Menyebabkan Kolesterol, Ini 8 Manfaat Makan Daging Kambing

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 22 Agustus 2018 15:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 22 481 1939801 tidak-menyebabkan-kolesterol-ini-8-manfaat-makan-daging-kambing-jfAnuIccgS.jpg Sate kambing (Foto: Livestrong)

BANYAK orang yang enggan mengonsumsi daging kambing karena memercayai mitos yang berkembang. Ya di masyarakat memang ada anggapan bila daging kambing dapat memicu kolesterol dan tekanan darah tinggi. Belum lagi bau prengus yang timbul dari daging kambing semakin membuat orang semakin tidak berselera memakannya.

Padahal, daging kambing sebenarnya mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Daging kambing termasuk daging merah yang kandungan lemak jenuhnya terbilang sedikit. Sebaliknya, jumlah kandungan lemak tak jenuh daging ini lebih banyak sehingga menyehatkan.

Melansir India Times, Rabu (22/8/2018), berikut sederet manfaat dari daging kambing

Kambing adalah ruminansia sehingga dagingnya merupakan sumber asam linoleat terkonjugasi (CLA). Asam lemak yang dapat membantu mencegah kanker dan kondisi peradangan lainnya seperti penyempitan pembuluh darah. Kandungan kalium dan rendah sodium pada daging kambing dapat membantu mengontrol tekanan darah serta mencegah penyakit ginjal dan stroke.

Membantu membakar lemak

Daging kambing mengandung vitamin B yang membantu proses pembakaran lemak. Selain itu, daging kambing mengandung sejumlah besar protein tanpa lemak dan jumlah lemak jenuh yang rendah. Kandungan ini membantu mengendalikan berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

Mencegah kanker

Daging kambing mengandung selenium dan kolin yang bermanfaat dalam pencegahan kanker.

daging kambing

Mencegah anemia

Daging kambing mengandung zat besi yang cukup tinggi yaitu 3mg zat besi/100 gram. Zat besi dapat meningkatkan kadar hemoglobin darah dan meningkatkan suplai darah. Oleh karenanya daging kambing bermanfaat bagi ibu hamil dan perempuan karena mencegah anemia. Selain itu, konsumsi daging kambing selama kehamilan dapat mengurangi risiko cacat lahir pada bayi.

Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin B12 pada daging kambing tergolong tinggi. Vitamin ini membantu seseorang mendapatkan kulit yang sehat. Selain itu, vitamin B12 juga membantu mengurangi stres dan depresi.

Mengobati autisme

Daging kambing kaya akan asam lemak omega-3 yang efektif mengobati autisme .

sate kambing

Meningkatkan metabolisme

Kandungan niacin dalam daging kambing membantu meningkatkan metabolisme energi. Tak hanya itu, kandungan proteinnya bertindak sebagai penekan rasa lapar sehingga membantu pengelolaan berat badan.

Manfaat lainnya

Daging kambing kaya akan kalsium yang membantu menguatkan tulang dan gigi. Daging kambing juga dapat meningkatkan produksi sel-sel baru sehingga menunda penuaan. Terakhir, daging kambing membantu menjaga fungsi tiroid yang sehat .

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini