Tak Mau Kolesterol Melesat? Coba Hindari dengan Asupan Ini

Firda Janati, Jurnalis · Kamis 23 Agustus 2018 03:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 22 481 1940072 tak-mau-kolesterol-melesat-coba-hindari-dengan-asupan-ini-udd2P6sHeD.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT kolesterol tinggi bukan hanya karena pola makan yang tidak terkontrol. Salah satu penyebab lainnya adalah riwayat keluarga, usia dan makanan. Pilihan gaya hidup Anda pun menentukan kolesterol yang ada dalam tubuh.

Salah satu makanan yang menyebabkan kolesterola adalah makanan khas pada hari raya Idul Adha, daging kambing. Tetapi taukah Anda selain makanan yang berbahan dasar daging kambing, ada beberapa makanan yang patut diwaspadai bagi para penderita kolesterol.

Batasi atau kurangi makanan ringan yang berlemak dan manis, seperti pie, pizza, hamburger, pasta pasta krim, dan makanan cepat saji, makanan yang digoreng dan produk yang dipanggang dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Anda boleh mencoba, tapi batasi sekali dalam 2 minggu.

Baca Juga: Bikin Heboh! Hewan Kurban Ini Masih Hidup Meski Sudah Disembelih

Lalu, apakah diet adalah jalan satu-satunya bagi penderita kolesterol? Tentu tidak! Tidak perlu diet, cukup dengan mengurangi makanan yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi, dan menjaga pola makan sehat yang bernutrisi tinggi.

Dilansir dari betterhealth, berikut beberapa makanan sehat bagi para penderita kolesterol. Para penderita kolesterol, wajib memperbanyak makan buah, sayur, dan kacang-kacangan seperti buncis, kacang kedelai, biji-bijian (sereal gandum), susu, yogurt, keju yang rendah lemak.

Selain itu, pilihlah daging tanpa lemak, hindari daging olahan termasuk sosis, daging deli, dan daging asap. Makanan tersebut, dapat dikonsumsi secara teratur dengan jumlah yang seimbang. Beberapa tips tambahan untuk membantu Anda mengurangi peyakit kolesterol tinggi.

Baca Juga: Sedang Horny Berat Tapi Tak Punya Lawan? Coba Atasi dengan 2 Cara Ini

Anda juga tidak perlu mengunakan minyak berlebihan untuk memasak, beberapa pilihan minyak yang terbaik bagi penderita kolesterol adalah minyak kedelai, zaitun, wijen dan minyak kacang.

Sertakan dua atau tiga porsi makanan yang diperkaya dengan sterol setiap hari (misalnya, margarin, yoghurt, susu, dan roti yang diperkaya sterol dan pastinya rendah lemak). Anda juga dapat mengonsumsi hingga enam telur setiap minggu.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini