nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hebat! Pria Ini Pergi Haji Naik Sepeda, Latihannya Sampai 2 Tahun

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 23 Agustus 2018 09:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 23 196 1940157 hebat-pria-ini-pergi-haji-naik-sepeda-latihannya-sampai-2-tahun-uZ7oqDbvlk.jpg Ilustrasi Mekkah. (Foto: AL Arabiya)

PADA rukun Islam yang kelima, umat Muslim diwajibkan untuk berhaji jika sudah mampu. Meskipun mampu di sini artinya luas, tapi ternyata jika kita mau berusaha cara seperti apapun bisa ditempuh untuk mengantarkan ke Tanah Suci.

Seperti yang dilakukan oleh seorang pria, dia memilih untuk mengayuh sepedanya untuk bisa berhaji tahun ini. Dilansir Okezone dari laman Mvslim, Kamis (23/8/2018), pria yang diketahui bernama Suliman Abd Lah tersebut memulai perjalanannya pada Minggu, 8 April 2018 lalu.

Pria asal Negeri Jiran ini tidak asal nekat menggunakan sepeda sebagai transportasinya menunaikan ibadah haji ke Mekah, karena sebelumnya dia telah berlatih selama dua tahun. Rencana untuk berhaji naik sepeda pun ternyata telah dia pikirkan sejak tujuh tahun lalu.

Baca Juga: Bikin Heboh! Hewan Kurban Ini Masih Hidup Meski Sudah Disembelih

"Saya pertama kali merencanakan ini tujuh tahun lalu. Dan sekarang, setelah dua tahun pelatihan dengan bantuan para profesional, saya akhirnya dalam perjalanan," jelas Suliman Abd Lah.

Menamakan perjalanannya "Bersepeda menuju Kakbah" pria berusia 47 tahun tersebut membawa beragam perlengkapan dan logistik dalam perjalanan panjangnya itu. Tidak lupa pula kitab suci Al-quran dia bawa bersamanya untuk memenuhi panggilan Allah mengunjungi perintahNya berhaji.

Menyeberangi benua Asia untuk mencapai Mekah, dia akan melakukan perjalanan sekira 10.000 kilometer dari Changlung, sebelum tiba di Mekah pada 16 Juli 2018. Abd Lah mengatakan dia menghabiskan satu bulan untuk mempelajari rute yang mungkin dilewati. Dia juga disarankan oleh guru agama untuk bersepeda pada hari Jumat.

“Keluarga dan teman-teman saya sangat mendukung misi saya. Saya juga telah menerima berbagai sponsor, termasuk dari majikan saya, Tim Bersepeda Terengganu dan teman-teman saya di Harian Metro,” tandasnya.

Baca Juga: Hari Raya Idul Adha, Kelakuan Hewan Ternak Ini Bikin Kita Gak Tega Menyembelih


(mrt)

Berita Terkait

Umrah & Haji

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini