nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bosan Sate & Gulai? Olah Daging Kurban jadi Menu Khas Sumbawa Ini

Agregasi Koran Sindo, Jurnalis · Kamis 23 Agustus 2018 10:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 23 298 1940179 bosan-sate-gulai-olah-daging-kurban-jadi-menu-khas-sumbawa-ini-xLG0u8u2E4.jpg Menu idul adha khas Sumbawa (Foto:Koransindo)

MASIH belum punya ide untuk mengolah daging kurban yang Anda peroleh?Jangan takut untuk mencoba resep baru. Salah satunya suguhan daging khas Sumbawa ini.

Resep menu dari daerah Sumbawa berikut bisa menjadi inspirasi mengolah daging yang mungkin Anda bisa terapkan di rumah. Sudah menjadi kebiasaan setiap tahun saat Idul Adha, pasokan daging yang melimpah dibuat dengan berbagai macam masakan Nusantara. Misalnya dibuat sate, tongseng, olahan rendang, sampai gulai.

Bila sudah terlalu sering, menu tersebut menjadi bosan dan sesuatu yang beda bisa Anda coba sebagai variasi menu. Mengolah daging kambing maupun daging sapi dengan sajian Nusantara dari Sumbawa resep dari Heri Purnama, Executive Sous Chef JW Marriott.

Bermodal Sekardus Bir, 2 Pria Ini Berhasil Gagalkan Orang Bunuh Diri

Daging yang biasa didapatkan ketika Idul Qurban, biasanya beragam, tak melulu bagian tulang, kepala, atau bagian sarat dengan serat dan otot hewan berkaki empat. Sementara mengolah jenis daging pun akan lebih enak hasilnya bila disesuaikan dengan bagiannya. Misalnya dekat tulang iga akan lebih enak dijadikan sup.

Begitu pun untuk bagian kepala yang memiliki banyak tulang lunak dari kuping dan hidung. Ide olahan saat Idul Adha untuk menu ala Sumbawa ini adalah dengan bumbu gecok. Menurut Chef Heri, bumbu dasar gecok aslinya memakai jeroan namun bisa diganti menggunakan bagian daging. Dagingnya pun bisa sesuai selera, apakah daging sapi atau daging kambing dan ayam.

 Mengenal Bahayanya Masalah Otot Kaki yang Menyerang Pebulutangkis Anthony Ginting

Di daerah asalnya, selain jeroan, gecok juga menyertakan bagian babad yang biasanya masaknya dipisah dulu karena harus direbus dengan api kecil selama 1 jam hingga empuk. Bumbu yang diperlukan untuk membuat daging gecok adalah campuran serai dan jahe sebagai bahan rebusan daging untuk menghilangkan rasa amis.

Prosesnya setelah dimasak, daging kemudian dicuci lagi. Bumbu dasarnya menggunakan cabai, wijen hitam, kemiri, daun jeruk yang semua bumbu tadi dibakar agar keluar aromanya. Serta yang tidak boleh ketinggalan adalah belimbing wuluh disertai serai dan potongan tomat hijau di akhir. Siapkan daging yang sebelumnya telah direbus bersama serai dan jahe. Lalu suwir-suwit atau potong sesuai selera.

Campur semua bahan sambal gecok dalam satu wadah, lalu panaskan minyak goreng. Tuang minyak goreng panas ke dalam bahan sambal gecok, aduk rata hingga tercampur. Tabur sambal gecok ke atas gecok yang sudah jadi. Siap disantap. Tentu unik rasa masakan Idul Qurban kali ini, bukan? Rasanya unik, segar, pedas dengan kombinasi harum daun jeruk, belimbing wuluh, irisan tomat hijau dan biji wijen hitam.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini