nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenalkan Tradisi Sekaligus Semarakkan Asian Games 2018, Kerajaan Arab Saudi Gelar Festival Kebudayaan Saudi House

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 23 Agustus 2018 09:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 23 406 1940156 kenalkan-tradisi-sekaligus-semarakkan-asian-games-2018-kerajaan-arab-saudi-gelar-festival-kebudayaan-saudi-house-oP4k2mygRM.JPG Ilustrasi tarian budaya Arab (Foto: Ist)

BANYAK cara yang bisa dilakukan oleh sebuah negara dalam mempromosikan kebudayaannya, terhadap masyarakat negara lain. Salah satunya melalui gelaran acara festival kebudayaan.

Inilah yang sedang dilakukan oleh Kerajaan Arab Saudi di Indonesia, dengan menyelenggarakan sebuah festival kebudayaan bertajuk " Saudi House" yang mana adalah sebuah pameran kebudayaan berskala besar, yang digelar oleh Komite Olimpiade Arab Saudi dan Otoritas Budaya Umum Saudi, dengan mengambil lokasi di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta.

Festival Saudi House ini dapat dikunjungi secara gratis oleh masyarakat umum sejak tanggal 19-22 Agustus dan 24-28 Agustus 2018 dari pukul 15.00 – 21.00 WIB.

Lalu apa saja yang disuguhkan oleh Kerajaan Arab Saudi di festival kebudayaan ini? Well, di festival ini para pengunjung dapat melihat dari dekat kebudayaan Saudi melalui seni visual, seni pertunjukan, musik, dan kuliner. Pengunjung dapat melihat lebih dari sepuluh jenis koleksi kurma dan mencicipi beragam kurma terkenal Kerajaan Arab Saudi tersebut, yang dibawa langsung dari wilayah Al-Qaseem. Sembari menikmati kesegaran air zam-zam.

BACA JUGA:

Mengenal Bahayanya Masalah Otot Kaki yang Menyerang Pebulutangkis Anthony Ginting

 

Selama festival kebudayaan berlangsung, sambil mencicipi berbagai jenis kurma dan hidangan khas Arab Saudi seperti Nasi Kabsa, Falafel, dan berbagai hidangan lainnya. Tarian rakyat tradisional dan pertunjukan musik dengan menampilkan berbagai instrumen musik seperti Al-Oud dan Aldaff juga setiap hari ditampilkan untuk menghibur pengunjung yanh datang.

Di festival kebudayaan Arab Saudi ini, para pengunjung yang datang dapat menikmati berkeliling 6  paviliun berbeda yang disediakan. Pertama ada paviliun Tanah Suci, yang disebutkan akan memberikan pengalaman pada pengunjung seolah mengunjungi Mekkah dan Madinah. Lalu ada paviliun Zam-Zam, di sini lah para pengunjung dapat secara gratis menikmati air Zamzam yang dibawa langsung dari Kota Suci Mekkah.

 

Ketiga ada paviliun kebudayaan, di sini ditunjukkan warisan kaya Kerajaan Arab Saudi seperti koleksi busana tradisional selain itu pengunjung yang datang juga bisa mengikuti workshop membuat henna, berfoto mengenakan busana tradisional khas Arab Saudi hingga mempelajari seni kaligrafi Arab secara gratis. Berikutnya ada paviliun Kurma Saudi, di sinilah masyarakat bisa melihat sekaligus mencicipi lebih dari 100 jenis koleksi kurma yang diboyong langsung dari wilayah Al-Qaseem.

Ada juga paviliun kuliner Saudi, masyarakat bisa melihat dan mencicipi seperti apa hidangan makanan khas tradisional dan kopi ala Kerajaan Arab Saudi. Terakhir, ada paviliun Olimpiade Arab Saudi yang berisi perjalanan sejarah Arab Saudi dalam mengikuti ajang Asian Games dan Olimpiade, termasuk di dalamnya menyoroti prestasi apa saja yang sudah diraih oleh para atlet dari Arab Saudi.

 

Menurut pantauan langsung Okezone, Rabu 22 Agustus 2018 di lokasi acara, para pengunjung yang datang didominasi oleh masyarakat Indonesia asli. Animo masyarakat terhadap acara festival Saudi House ini terlihat sangat tinggi, melihat antrian masuk sudah mengular dari depan pintu gerbang pemeriksaan. Begitu juga suasana di dalam festival, di mana setiap paviliun juga terlihat cukup padat pengunjung.

Sementara itu, menurut Moudhi bint A.Al Sudairy, selaku staf Representatif Komite Olimpiade Arab Saudi, menjelaskan gelaran festival kebudayaan ini juga ditujukan untuk sebagai bentuk dukungan terhadap para atlet Arab Saudi yang sedang berlaga di Asian Games 2018.

"Iya ini seIain bertujuan untuk lebih memperkenalkan dan mendekatkan budaya dari Kerajaan Arab Saudi. Membawa "little" Arab Saudi ke Jakarta. Maksud lainnya juga sebagai salah satu bentuk dukungan kepada para atlet kita yang sedang berlomba di Asian Games 2018, dengan harapan para atlet merasa lebih dekat dengan rumah. Feels like home," ungkap Moudhi ketika ditemui Okezone, Rabu (22/8/2018) di lokasi acara.

 BACA JUGA:

Tak Cuma Dehidrasi, Kurang Minum Air Putih Dapat Pengaruhi Kesehatan Otak

Moudhi juga menambahkan, sejatinya festival kebudayaan ini memang menargetkan pengunjung masyarakat asli Indonesia. "Ya kan dalam rangka memperkenalkan tradisi khas dari Kerajaan Arab Saudi, jadi memang target utama kita ya masyarakat asli Indonesia," tandas Moudhi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini