nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Kram Otot & Kulit Kering Bisa Jadi Tanda Ginjal Anda Bermasalah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 23 Agustus 2018 14:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 23 481 1940287 sering-kram-otot-kulit-kering-bisa-jadi-tanda-ginjal-anda-bermasalah-8bKiIonwwg.jpg Gejala ginjal Anda bermasalah (Foto:Express)

GINJAL merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Seseorang tidak akan dapat hidup tanpa ginjal. Ya, fungsi ginjal adalah untuk menyaring segala racun yang ada di dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu ginjal kerap disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa pada tubuh Anda.

Terkadang makanan enak yang kita konsumsi, belum tentu baik untuk kesehatan ginjal Anda. Tanpa disadari ginjal Anda mengalami kerusakan sedikit demi sedikit tanpa adanya pola hidup yang sehat. Sebagaimana diketahui, ginjal merupakan bagian tubuh yang sensitif dan gampang mengalami kerusakan.

Seringkali Anda tidak mengetahui bagaimana ciri orang yang mulai mengalami kerusakan ginjal. Pasalnya penyakit ini tidak memiliki indikasi yang cukup jelas. Namun, gangguan ginjal bisa dideteksi secara dini dengan beberapa ciri, salah satunya adalah perubahan dari dalam tubuh sang pengidap.

(Baca Juga: Tentara Wanita dari Rusia Ini Sangat Cantik, Ternyata Dia Adalah)

(Baca Juga: 5 Meme soal Daging Kurban Ini Pasti Bikin Anda Ngakak)

Menyadur dari Witty Feed, Kamis (23/8/2018), Okezone akan membahas mengenai lima ciri orang yang mengalami gangguan ginjal.

1. Kulit gatal dan kering

Gatal dan keringnya kulit, hiper-pigmentasi, ruam, dan sakit kuning dapat menunjukkan bahwa ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ginjal adalah organ detoksifikasi yang mengambil bagian dalam produksi darah dan mendukung keseimbangan mineral tubuh. Gejala ini mungkin muncul karena kelebihan fosfor dalam tubuh atau keracunan dalam proses metabolisme.

2. Selalu merasa kedinginan

Gangguan ginjal dapat memperlambat produksi hormon erythropoietin. Hormon ini merangsang produksi sel darah merah di sumsum tulang. Menggigil, kelesuan, kesulitan bernafas, insomnia, dan kelemahan adalah tanda-tanda anemia yang paling umum. Anemia kronis dapat menjadi tanda bahwa ginjal tidak berfungsi dengan baik.

3. Bau nafas

 

Salah satu penyebab utama nafas yang kurang sedap adalah infeksi saluran kemih. Ketika seseorang memiliki masalah ginjal, hasilnya adalah di bau samar amonia dari dalam mulut.

4. Pembengkakan

Pembengkakan terjadi karena kelebihan jumlah air di ruang-ruang antar sel. Mulai dari kaki, wajah, dan kelopak mata bengkak bisa menyebar ke seluruh tubuh. Jika Anda menekan area yang bengkak, Anda akan menyaksikan tanda yang akan hilang dalam beberapa detik. Menurut dokter, pembengkakan muncul karena terlalu banyak ion natrium yang menarik sejumlah besar cairan.

5.Jantung yang berdebar

Detak jantung yang tidak normal dapat mengindikasikan Anda mengalami kerusakan ginjal. Ini terjadi karena adanya penumpukan potasium.

6. Demam tinggi dan nyeri pada bagian belakang

Sakit punggung yang parah dengan demam tinggi, dan kadang-kadang muntah adalah tanda-tanda serius yang menunjukkan ginjal yang tidak terlalu sehat. Wanita biasanya lebih rentan terkena infeksi karena cara kerja sistem kemih mereka.

(Baca Juga: Bikin Heboh! Hewan Kurban Ini Masih Hidup Meski Sudah Disembelih)

7.Kram otot

Kram otot kronis dapat menunjukkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Ginjal yang meradang dan menekan ujung saraf otot di sekitarnya dapat menyebabkan sensasi nyeri.

8.Tekanan darah tinggi

Setelah ginjal tidak berfungsi dengan baik, ginjal tidak dapat mengontrol tekanan darah secara efektif. Kekuatan yang digunakan oleh darah untuk melawan pembuluh-pembuluh itu membentang dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut dalam jaringan parut dan melemahkan pembuluh darah di ginjal.

9. Kehilangan nafsu makan dan sulit konsenterasi

Kehilangan nafsu makan dan sulit berpikir dengan jernih dapat terjadi ketika sampah menumpuk di sistem pencernaan dan mulai mengotori bagian-bagian lain tubuh termasuk perut dan otak Anda. Ini merupakan stadium awal dan tanda yang jelas dari ginjal yang lemah.

10. Perubahan urin dan frekuensinya

Tanda paling klasik dan kurang jelas adalah banyaknya cairan yang terjebak di jaringan tubuh Anda. Jika ada perubahan urin dan frekuensi kencing, maka Anda harus mempertanyakan fungsi dasar ginjal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini