nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sedang Tren, Yuk Cari Tahu 5 Jenis Diet Telur

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 23 Agustus 2018 18:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 23 481 1940471 sedang-tren-yuk-cari-tahu-5-jenis-diet-telur-Ts0wYsIG4a.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

BANYAKNYA orang yang ingin menurunkan berat badan membuat program diet terus bermunculan. Baru-baru ini muncul tren baru yaitu diet telur. Pada program ini orang yang hendak menurunkan berat badan diwajibkan makan paling tidak satu butir telur per hari.

Diet telur merupakan diet rendah karbohidrat dan kalori, namun tetap tinggi protein. Jenis diet ini dimaksudkan untuk membantu penurunan berat badan tanpa mengorbankan aspek protein yang diperlukan untuk membangun otot. Seperti yang diketahui, telur merupakan sumber protein yang baik dan mengandung mineral penting yaitu vitamin B12, zat besi, dan vitamin D. Terkandung pula nutrisi penting yang membantu menurunkan berat badan.

Bagi orang yang menjalani diet telur, dirinya seperti biasa makan 3 kali sehari namun tidak ada waktu untuk konsumsi makanan ringan. Selain itu minuman yang boleh diminum hanyalah air putih. Minuman berkalori dilarang untuk diet ini. Dengan konsumsi ini, asupan kalori yang diterima seseorang menjadi lebih rendah secara keseluruhan. Oleh karenanya diet ini dianggap efektif untuk menurunkan berat badan. Bahkan menurut hasil penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan diet tinggi protein membantu menginduksi perasaan kenyang.

Ada beberapa versi dari diet telur, namun yang jelas diet ini biasanya berlangsung selama 14 hari. Melansir Boldsky, Kamis (23/8/2018), berikut beberapa versi diet telur yang bisa dipilih :

Diet telur 14 hari

Pada versi ini program diet mencakup tiga kali makan setiap hari dengan minuman tanpa kalori dan tidak ada makanan ringan termasuk buah sekalipun. Dalam menu makanan paling tidak harus ada satu butir telur dan makanan protein lain tanpa lemak seperti ikan atau ayam. Untuk melengkapi jumlah protein bisa juga ditambahkan sayuran rendah karbohidrat seperti bayam atau brokoli. Terkadang, buah jeruk diizinkan.

diet telur

Diet telur dan jeruk bali

Ini adalah variasi dari diet telur 14 hari dan berlangsung dalam rentang waktu yang sama. Pada versi ini, diizinkan untuk konsumsi setengah jeruk bali setiap kali makan. Bisa juga ditambahkan dengan telur atau protein tanpa lemak. Tapi tidak ada buah lain yang diizinkan.

Diet telur rebus

Pada jenis diet ini diwajibkan untuk hanya memakan telur yang direbus. Telur goreng dilarang keras.

Diet Telur

Diet mono

Pada diet ini, makanan yang boleh dimakan hanyalah telur setiap waktu makan. Selain itu hanya boleh konsumsi air putih. Tidak disarankan untuk berolahraga ketika menjalani diet ini karena tubuh akan mengalami kelelahan ekstrim.

Diet telur keto

Jenis diet ini melibatkan diet ketogenic yang mengharuskan untuk meningkatkan asupan lemak agar tubuh dalam keadaan ketosis. Dalam versi diet telur ini, disarankan untuk makan telur dengan mentega dan keju sehingga tubuh bisa menghasilkan keton.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini