nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kolesterol Melonjak Usai Pesta Daging Kurban, Ini Tips Alami Menurunkannya!

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 24 Agustus 2018 08:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 23 481 1940516 kolesterol-melonjak-usai-pesta-daging-kurban-ini-tips-alami-menurunkannya-9e9kw5KmkP.jpg Ilustrasi (Foto: Berkeleywellness)

MASIH dalam rangka suasana Idul Adha, pastinya Anda sekeluarga sering makan olahan daging kambing atau sapi. Tapi kalau Anda tidak membatasinya, bisa terserang kolesterol mendadak.

Karenanya, Anda harus segera melakukan detoksifikasi supaya tidak mengidap risikonya. Di samping mudah mengalami lonjakan kolesterol, Anda bisa terkena masalah pencernaan yang mengganggu.

Kalau keseringan makan daging kambing diklaim dapat meningkatkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah dengan cepat. Masalah tersebut juga memicu pembentukan plak dan penyakit jantung.

Anda harus menghindari risiko-risiko tersebut, sehingga jangan melulu terpaku dengan olahan daging meski enak. Di samping harus mengkombinasi dengan makanan tinggi serat, ada banyak cara lain untuk mencegah lonjakan kolesterol. Dilansir Okezone dari Thehealthsite, Jumat (24/8/2018), berikut ulasannya yang bisa Anda ikuti.

Perbanyak makan buah dan sayuran segar

Olahan daging kurban identik dengan cita rasa pedas, lalu diolah dengan cara dibakar atau identik dimasak dengan tambahan santan. Masakan tersebut bisa berisiko mengganggu kesehatan. Anda mudah mengalami lonjakan kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mengurangi risiko tersebut, perbanyak asupan serat dan vitamin yang mampu melancarkan sistem pencernaan. Juga, tentunya fungsi sayuran dan buah itu bisa dikonsumsi untuk pencuci mulut.

makan sehat

Hindari jajan di luar

Karena terlalu sering makan daging, sebaiknya Anda mengurangi jajan di luar. Setidaknya lakukanlah selama satu minggu. Anda butuh masakan rumahan yang sudah terjamin gizinya yang lengkap. Meski daging kaya protein, Anda harus menambah asupan serat juga karbohidrat yang cukup supaya tubuh tetap fit. Paling penting lagi ialah makanan yang Anda konsumsi harus higienis ya.

Minum air jeruk nipis untuk penawar

Saat makan daging kambing atau sapi terlalu berlebihan, minumlah air jeruk nipis yang berfungsi sebagai penawar. Minuman ini juga baik untuk detoksifikasi. Jika bosan, Anda juga bisa konsumsi air kelapa hijau yang punya manfaat sama.

air lemon

Konsumsi biji-bijian

Habis makan banyak daging, tak ada salahnya ngemil aneka olahan biji-bijian. Seperti halnya biji rami, gandum, dan sebagainya. Aneka ragam biji-bijian itu mengandung asam lemak omega 3 yang baik. Fungsinya bisa melindungi jantung Anda dari risiko buruk, seperti pembentukan plak akibat kebanyakan makan daging.

Kombinasi dengan beras merah

Saat makan daging, Anda bisa memadukan dengan olahan nasi merah dan sumber serat yang cukup. Ditambah dengan campuran quinoa atau roti gandum yang merupakan sumber karbohidrat kompleks. Makanan tersebut tentu lbih mudah dicerna daripada hanya dengan makan nasi putih. Di samping itu, makanan sehat itu juga merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini