nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Khawatir Tertular Bakteri di WC Umum, Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 23 Agustus 2018 23:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 23 481 1940601 jangan-khawatir-tertular-bakteri-di-wc-umum-ini-faktanya-Au1sglQx9a.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TERKADANG seseorang memang merasa jijik saat sedang buang air di sebuah toilet umum. Faktor kebersihan dan risiko terjangkit kuman dan bakteri, menjadi masalah utamanya. Alhasil banyak cara digunakan seseorang, untuk mengindari hal tersebut.

Salah satu cara yang paling sering dilakukan masyarakat adalah mencoba menyeimbangkan kaki, lutut dan paha mereka di atas tempat duduk toilet. Mereka seakan memasang kuda-kuda, untuk menghindari pantat mereka menyentuh permukaan kloset.

Banyak dari mereka jijik dan menilai banyak bakteri dari pantat orang lain yang menempel pada pinggiran kloset. Lantas, haruskah cara ini dilakukan?

 (Baca Juga:Setelah MUI Terbitkan Fatwa, Pemerintah Dorong BUMN Produksi Vaksin MR)

Melansir dari Time of India, Kamis (23/8/2018), feses atau tinja merupakan sumber kuman penyakit. Menurut para dokter, feses mengandung berbagai macam patogen yang dapat ditularkan, termasuk bakteri salmonella, campylobacter, staphylococcus, Enterococcus, Escherichia coli, streptococcus, shigella dan Yersinia.

Feses juga mengandung virus seperti norovirus, rotavirus dan hepatitis A dan E. Namun, ketika menggunakan ke toilet umum, apakah salah satu terkena patogen yang dapat berpindah dari pinggiran kloset?

 

Para ahli mengatakan bahwa hal ini sangat tidak mungkin. Faktanya, penyakit usus terjadi karena perpindahan bakteri dari tangan ke tangan. Seharusnya, orang harus lebih takut terhadap banyak hal lain di toilet umum, seperti pegangan pintu dan keran. Jika seseorang benar-benar khawatir takut terinfeksi, maka cara terbaik untuk pergi adalah tidak menyentuh pegangan pintu atau tombol setelah Anda benar-benar mencuci tangan dengan sabun.

 (Baca Juga:Gejala Awal Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai, Termasuk Keputihan?)

Anda justru akan terkejut mengetahui bahwa bagi kebanyakan orang, paha jauh lebih bersih daripada tangannya. So, pemikiran tidak duduk di kursi toilet umum, harus dibuang jauh-jauh. Jika benar ingin menghindari kuman penyakit, Anda seharusnya tidak berjabat tangan dengan orang lain.

Selain faktor kebersihan, jika Anda menggunakan kuda-kuda saat buang air kecil, tentu akan sangat sulit untuk menghindari tetes air kencing yang mengalir keluar. Anda juga akan membebankan rotator tulang pinggul serta otot-otot punggung.

Ketegangan korset panggul dapat mempersulit kencing mengalir dengan mudah. Ini akan menyebabkan Anda harus mendorongnya keluar, jika hal ini sering dilakukan maka dapat berkontribusi pada prolaps organ panggul.

Kerugian lainnya adalah kemungkinan besar Anda tidak dapat mengosongkan usus sepenuhnya ketika Anda melakukan kuda-kuda seperti ini saat buang hajat. Ini dapat menyebabkan timbulnya infeksi saluran kemih.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini