Jangan Anggap Remeh, 6 Kebiasaan Ini Sebabkan Bibir Kering

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Jum'at 24 Agustus 2018 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 24 194 1941023 jangan-anggap-remeh-6-kebiasaan-ini-sebabkan-bibir-kering-UV0UDeRH4w.jpg Ilustrasi (Foto: Vanityrouge)

BIBIR yang kering dan pecah-pecah sangat membuat tidak nyaman. Bibir yang kering bisa menyakitkan, terutama ketika pecah dan berdarah.

Hal ini cenderung terjadi pada saat musim dingin, tetapi paparan sinar matahari juga dapat membuat bibir kering. Dilansir dari Readersdigest, Jumat (24/8/2018), beberapa kebiasaan Anda justru dapat memperburuk keadaan. Hal yang Anda pikir baik untuk bibir, nyatanya justru sebaliknya.

"Bibir luar biasa tipis dan tidak seperti daerah kulit lainnya. Bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga cenderung mengering dengan mudah," ujar Sam Rizk, MD, Ahli bedah plastik wajah New York City.

Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat bibir Anda kering.

1. Menjilat bibir

Banyak yang berpikir bahwa menjilat bibir adalah upaya untuk membasahi dan membuat bibir tidak kering. Namun ternyata, hal ini justru membuat bibir kering.

"Air liur mengandung enzim yang dapat mengeringkan juga mengiritasi kulit bibir," jelas Neil Sadick, MD, Pendiri dan direktur Sadick Dermatology di New York.

Solusi yang baik adalah sebaiknya gunakan lip balm yang dapat melembabkan setiap kali Anda merasakan dorongan untuk menjilat bibir.

 (Baca Juga:7 Pesona Paspampres Cantik Serda Ambar yang Ungkap Sisi Lain Kehidupannya)

2. Salah memilih pasta gigi

Menyikat gigi secara teratur memang akan menjaga gigi berlubang dan sangat penting untuk kebersihan mulut. Tetapi pemilihan pasta gigi yang salah dapat berdampak buruk bagi bibir Anda. Jika Anda merasa pasta gigi yang digunakan menjadi alasan bibir kering, cobalah merk lain dengan daftar bahan yang berbeda dari pasta gigi yang sebelumnya. Cari tahu kesalahan dalam menyikat gigi umum lainnya yang mungkin Anda perbuat.

3. Salah memilih lip balm

Tidak semua lip balm ternyata dapat membuat bibir Anda lembap. Anda juga harus cermat dalam memilih lip balm yang digunakan. Hindari lip balm yang mengandung bahan-bahan kering seperti wewangian buatan dan pastikan lip balm Anda mengandung bahan pelembab termasuk cocoa butter atau oatmeal koloid.

 (Baca Juga:Cegah Sepatu Terlepas, Ini Trik Kate Middleton saat Kenakan Higheels)

4. Gemar mandi dengan air panas

Mandi dengan air yang panas terutama di pagi hari memang sangat nyaman. Namun ternyata, mandi dengan air yang panas malah membersihkan minyak pelindung kulit dan membuatnya menjadi kering, kencang dan gatal. Sebagai gantinya, mandilah dengan air hangat yang tidak terlalu panas untuk menghindari kulit kering.

5. Tidak menggunakan pelindung matahari

Kesalahan terbesar yang mungkin sering diabaikan adalah tidak melindungi kulit bibir dari sinar UV. Untuk menjaga kulit bibir agar tetap sehat, gunakan emolien saat berada di dalam dan di luar ruangan, dan menerapkan SPF 30 pada siang hari. Selain itu, orang-orang yang telah mengekspos bibir mereka yang tidak terlindungi dari kerusakan akibat sinar matahari memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker kulit bibir termasuk karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa.

6. Obat-obatan

Jika obat dapat menyebabkan mulut kering, hal tersebut dapat mengakibatkan bibir juga kering dan pecah-pecah. Para ahli memperingatkan, bahwa banyak sekali obat yang dijual bebas dan diresepkan termasuk obat antidepresan, antihistamin, obat anti-kecemasan, dekongestan, pelemas otot, dan obat pereda nyeri dapat mengakibatkan mulut kering menurut Mayo Clinic. Tanyakanlah kepada dokter ataupun apoteker, apakah obat Anda mungkin menyebabkan bibir kering dan pecah-percah.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini