nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Bunyi dalam Pesawat yang Normal, Tapi Membuat Jantung Berdebar

Fakhri Rezy, Jurnalis · Jum'at 24 Agustus 2018 10:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 24 406 1940714 9-bunyi-dalam-pesawat-yang-normal-tapi-membuat-jantung-berdebar-uh7RCtJwM6.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KALA kita berada di dalam pesawat, seringkali kita melihat atau mendengar suara-suara yang aneh. Suara-suara tersebut pun culup menakutkan, sehingga kadang membuat kita bertanya-tanya, apakah ini normal?

Sebagai orang awam, Anda pasti merasa tegang juga, apalagi Anda berada dalam silinder logam dengan kecepatan 600 mph. Saat menempuh kecepatan tersebut dari take off hingga landing, banyak hal-hal aneh yang Anda dengar.

Namun, bunyi-bunyi yang kadang mengganggu itu, tidak berarti ada yang salah dengan pesawat Anda. Mengutip Reader Digest, Jakarta, Jumat (24/82018), berikut bunyi-bunyi yang tidak perlu dikhawatirkan saat penerbangan.

Baca Juga: Bikin Heboh! Hewan Kurban Ini Masih Hidup Meski Sudah Disembelih

1. Mendengar Bunyi Gedebuk menjelang take off dan sesudah landing

Sangat umum mendengar bunyi saat naik pesawat atau menunggu di kursi Anda di gerbang. Ini hanya muatan yang dimuat ke pesawat di bawah kabin.

2. Lampu berkedip-kedip layaknya daya listrik berkurang

Apa jadinya bila listrik mati saat melakukan penerbangan? Sungguh menakutkan bukan?

Tapi tenang dulu, tidak semua lampu mati tersebut karena gangguan teknis. Melainkan perpindahan sumber listrik.

Kebanyakan maskapai penerbangan, memakai sumber listrik bandara, ketika pesawat berada di tanah. Namun ketika pesawat akan take off, pilot pun akan mengalihkan sumber daya dari bandara ke listrik independen pesawat.

3. Hantaman keras dan nada tinggi tepat setelah lepas landas

Ketika pesawat terangkat dari tanah, pilot menarik roda ke tubuh pesawat dan menutup flap di belakang mereka, satu per satu (Buk, Buk). Sementara sulingan yang membingungkan itu, berasal dari pilot yang mencabut flap sayap yang diperlukan untuk menjatuhkan pesawat dari tanah.

Kedua tindakan itu adalah bagian dari proses "membersihkan pesawat" untuk membuatnya efisien untuk penerbangan.

4. “Asap putih” dari lubang AC di kabin

Jika Anda melihat uap putih streaming dari ventilasi udara, itu adalah uap air yang muncul ketika campuran udara hangat dan dingin. Paling umum, uap putih akan muncul dalam kondisi panas dan lembab, baik ketika pesawat di darat dengan pintu terbuka atau ketika sebuah pesawat terbang melalui badai.

Baca Juga: Berhubungan Seks Jam Segini Bikin Istri Cepat Hamil

Image result for pesawat shutterstock, okezone

5. Satu, dua, atau tiga Kali Bunyi Lonceng

Beberapa maskapai penerbangan menggunakan lonceng berbeda, menurut John Cox, seorang pensiunan kapten maskapai penerbangan. Satu lonceng bisa menjadi tanda turbulensi, atau pramugari yang menanyakan apakah pilot ingin secangkir kopi.

Dua lonceng biasanya berarti bahwa pesawat mendekati 10.000 kaki. Tiga lonceng atau lebih mengindikasikan masalah yang lebih serius, seperti penumpang yang sakit parah atau udara yang sangat dingin.

6. Pintu untuk kedatangan dan pemeriksaan silang

Ketika pintu pesawat ditutup, slide otomatis diaktifkan. Pintu ke kedatangan mengingatkan pramugari untuk melucuti slide, dan pemeriksaan silang adalah petunjuk bagi pramugari untuk memeriksa kembali pintu lain.

7. "Semua panggilan"/"All Call"

Pengumuman ini adalah permintaan semacam panggilan konferensi untuk kru. Setiap pramugari memangil untuk melaporkan telah melakukan pemeriksaan keamanan.

8. Gemuruh dan getaran saat mendarat

Ketika pesawat mulai turun, kebisingan mesin akan berkurang karena tidak lagi berakselerasi. Untuk memperlambat pesawat agar dapat mendarat dengan selamat, spoiler penerbangan berupa papan panjang di sayap, akan diaktifkan dan terangkat untuk meningkatkan drag.

Ketika diaktifkan, penumpang di kabin akan mendengar gemuruh dan merasakan getaran.

9. Revving engine selama mendarat

Setelah pesawat mendarat di daratan, kedengarannya seperti mesin sedang berayun kembali untuk lepas landas. Ini hanya kapten yang membalikkan dorongan mesin untuk membantu memperlambat pesawat.

Ketika ini terjadi, Anda akan mendengar suara keras dari mesin dan merasa terdorong ke depan di kursi Anda karena deselerasi yang cepat.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini