nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gejala Awal Kanker Payudara pada Pria

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 25 Agustus 2018 16:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 25 481 1941275 gejala-awal-kanker-payudara-pada-pria-FoGRKuIiVO.jpg Kanker payudara pria (Foto: Dailybeast)

KANKER payudara memang masih menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Seringkali, kanker payudara hanya terkait dengan wanita. Namun, pikirkan seperti ini tampaknya harus dibuang jauh-jauh.

Ketika kita berbicara tentang kanker serviks, kanker rahim atau kanker ovarium, itu hanya terjadi pada wanita karena pria tidak memiliki organ-organ ini pada sistem reproduksinya. Tapi, ketika Anda berbicara tentang payudara, pria juga memilikinya.

Seorang pria bisa saja terjangkit kanker payudara, sama halnya dengan wanita. Lantas apa yang menjadi ciri atau gejala dari penyakit mematikan tersebut terjadi? Melansir dari Times of India, Sabtu (25/8/2018), berikut ulasannya.

 BACA JUGA:

Senang dengan Kisah Mistis? Museum Santet Wajib Masuk List Liburan Anda

Perlu Anda ketahui bahwa kanker payudara yang diidap pria berbeda dengan wanita. Berikut adalah empat gejala yang harus diwaspadai pria.

 

Benjolan

Benjolan adalah tanda pertama dan utama kanker payudara, pada pria atau wanita. Pria sering cenderung mengabaikannya daripada wanita. Yang membuat mereka semakin acuh adalah karena benjolan tersebut tidak merasa sakit. Bisa juga peradangan, yang mungkin telah menyebar ke ketiak.

Puting yang masuk ke dalam

Puting terbalik menandakan pertumbuhan tumor kanker payudara. Sel-sel kanker dapat menarik ligamen di dalam payudara dan dapat membuat putingnya penyok, kering dan bersisik.

Keluarnya cairan pada puting

Jika Anda melihat ada noda di baju pada sekitar payudara, itu bisa menandakan keluarnya cairan dari puting. Tumor kanker dapat menyebabkan cairan menumpuk dan bocor dari saluran puting.

Luka terbuka pada puting

Puting yang mengembangkan luka terbuka adalah situasi ekstrim, menandakan pertumbuhan tumor melalui kulit. Karena jaringan payudara langka pada pria, ia dapat mendorong tumor melalui kulit. Bisa muncul seperti jerawat yang sudah terkelupas.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini