nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rumput Tetangga Lebih Hijau? Buang Jauh-Jauh Pikiran Itu dengan 5 Cara Simpel Ini!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 27 Agustus 2018 17:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 27 196 1941941 rumput-tetangga-lebih-hijau-buang-jauh-jauh-pikiran-itu-dengan-5-cara-simpel-ini-mBkocj8P1J.jpg Cemburu (Foto: Ist)

TIDAK bisa dipungkiri, salah satu sifat dasar yang dimiliki manusia adalah iri dan tidak pernah merasa puas. Padahal, apa yang telah Anda miliki sekarang mungkin apa yang diimpikan orang lain.

Sifat ini bisa dikatakan sangat buruk. Sebab, dari perasaan iri, seseorang bisa saja melakukan hal yang tidak diharapkan. Sebut saja beberapa kasus pembunuhan yang dikarenakan tidak pernah puas dengan apa yang telah didapatkan, kasus penipuan demi mendapat keuntungan sendiri, atau kasus lain yang berkaitan dengan masalah hati ini.

Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar perasaan buruk ini bisa sedikit terkendali bahkan bisa Anda singkirkan dalam diri. Dilansir Okezone dari Elite Daily, Senin (27/8/2018), berikut 5 cara sederhana mengusir jauh-jauh rasa iri dan tak pernah puas

1. Buang rasa cemburu dengan bersyukur

Hal ini yang mestinya dilakukan pertama. Dengan menyingkirkan rasa cemburu, Anda akan merasa apa yang Anda miliki sekarang sudah cukup dan dengan interospeksi diri, Anda akan merasa jauh lebih bersyukur.

 

2. Berhenti bilang "Saya Akan Lakukan Itu Lain Waktu"

Merasa optimis dan berjuang mati-matian memang tidak ada salahnya. Tapi, menerima apa yang ada sekarang dan bersyukur akan hal tersebut akan membuat diri Anda lebih bahagia. Perasaan terbebani dan tidak ingin kalah pun akan tersingkirkan jauh-jauh.

3. Banyak ngobrol

Salah satu hal yang membuat Anda tidak tersadarkan dengan apa yang Anda miliki adalah karena Anda tidak tahu masalah orang lain. Ya, Anda mesti sadar bahwa masalah yang Anda hadapi sekarang mungkin belum seberapa dengan apa yang sedang dihadapi orang lain. Merasa paling berat masalahnya adalah keputusan yang salah. Pun dengan meyakinkan akan satu hal secara berlebihan.

 

4. Selalu ingin tahu banyak hal

Dengan sikap penasaran dan pengin tahu banyak hal membuat Anda sadar bahwa apa yang ada di pikiran Anda itu tidak melulu pada satu hal. Ini memungkinkan untuk Anda terbebas dari perasaan iri, karena Anda tahu ada cara lain atau tujuan lain yang bisa Anda raih selain apa yang telah gagal Anda inginkan.

 

5. No sosial media seminggu full!

Nah, saran ini sangat cocok untuk Anda generasi milenial. Merasa gagal dengan apa yang baru saja Anda ingin capai akan semakin buruk kondisinya ketika Anda tahu bahwa ada orang lain yang mendapatkan tujuan tersebut. Maka dari itu, sebaiknya Anda jangan lihat-lihat sosial media sampai kondisi perasaan Anda kembali membaik. Ya, setidaknya dalam seminggu Anda tutup semua akun media sosial!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini