nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Nama Bayi Islami yang Cantik dan Populer di Dunia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 27 Agustus 2018 16:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 27 196 1942024 5-nama-bayi-islami-yang-cantik-dan-populer-di-dunia-NYXp1hzhGl.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

"APALAH arti sebuah nama" istilah ini tentu tidak berlaku dalam ajaran Islam. Nama ada salah satu elemen terpenting dalam kehidupan yang dipercaya dapat mencerminkan kepribadian atau karakter seseorang.

Ada beberapa varian nama Islam yang sangat populer dan sering digunakan oleh banyak orang. Sebagian besar nama memang diambil dari nama tokoh-tokoh penting dalam Islam. Tapi jangan salah, ketika Anda mengetahui artianya, Anda akan langsung jatuh cinta.

Nah, daripada penasaran, berikut Okezone rangkumkan 5 nama-nama bayi Islami yang cantik dan populer di seluruh dunia. Sebagaimana dilansir dari The List, Senin (27/8/2018).

Muhammad

Mohammed yang dapat dieja sebagai Muhammed, Muhammad, atau Mohammad adalah nama Nabi yang menyiarkan ajaran Islam pada abad ke-7. Ia lahir pada tahun 570 di Makkah yang sekarang menjadi bagian dari Arab Saudi. Muhammad dibesarkan oleh kakek dan pamannya yang bekerja sebagai pedadang. Saat melakukan ziarah di tahun 610 ke Jabal al-Nour, Malaikat Jibril muncul ketika Nabi Muhammad sedang berada di Gua Hira. Ia datang untuk memberikan wahyu kepada Nabi Muhammad yang kemudian menjadikannya sebagai tokoh sentral dalam agama Islam.

Nama Muhammad menduduki peringkat 566 di Amerika Serikat pada tahun 2017, dan dilaporkan sebagai nama paling populer di Oslo. Di Norwegia, nama Muhammad juga menjadi nama paling populer pada tahun 2014. Menurut laporan tahun 2016, nama tersebut juga termasuk 10 nama paling populer di Inggris.

 (Baca Juga:Intip Tato Logo Olimpiade di Tubuh 2 Atlet Jetski Indonesia Aero dan Aqsa)

 

Abdullah

Nama tersebut sebetulnya diambil dari transkripsi nama Abd Allah, yang berarti "Hamba" dan " Allah". Di sisi lain, Abd Allah adalah ayah dari Nabi Muhammad. Meskipun ia meninggal sebelum Muhammad lahir, Abdullah adalah salah satu nama paling umum di dunia Muslim. Bahkan, nama ini menduduki peringkat 328 pada daftar nama paling populer di Amerika Serikat tahun 2018. Ada banyak sekali orang terkenal yang menggunakan nama ini. Mulai dari Abdullah bin Abdulaziz al-Saud, yang merupakan raja Arab Saudi sebelum meninggal tahun 2015 lalu. Lalu ada Raja Abdullah II dari Yordania, dan mantan Presiden Turki Abdullah Gul.

 (Baca Juga:Pebulutangkis Jonatan Christie Joget PPAP, "Ughh"-Nya Bikin Kamu Teriak Kencang!)

Khadijah

Seperti diketahui Khadijah adalah nama istri pertama Nabi Muhammad yang ia temui saat masih berprofesi sebagai pedagang. Usianya 15 tahun lebih tua dari Muhammad. Kendati demikian, keduanya tetap yakin untuk melanjutkan pernikahan dan memiliki banyak anak. Khadijah juga merupakan salah satu dari orang-orang pertama yang memercayai pengalaman Muhammad saat berada di Jabal al-Nour. Berkat kebesaran hatinya dalam mendukung Muhammad pada masa awal sejarah Islam, Khadijah kemudian diberi julukan "ibu orang-orang mukmin".

Dalam bahasa Arab, Khadijah memiliki arti "anak pertama, dapat dipercaya, dan dihormati". Namanya juga dinobatkan sebagai salah satu nama gadis paling populer di dunia Islam. Di Amerika Serikat, nama Khadijah menduduki peringkat 1.822. Sederet tokoh ternama yang menggunakan nama ini antara lain, Khadija Ahrari (perempuan pertama yang terpilih di parlemen, Afghanistan), Khadija al-Salami (produser film wanita pertama Yaman), Khadija Ryadi (aktivis HAM terkemuka di MAroko, dan Khadija Salum Ally Al-Qassmy (anggota parlemen Tanzania).

Fatima

Fatima adalah putri Nabi Muhammad, dan secara luas diyakini sebagai putri favoritnya. Fatima juga diketahui memiliki garis keturunan yang panjang. Kontribusi Fatima dalam dunia Islam sangat besar, karena ia dapat melacak dan menulusuri garis keturunan Nabi Muhammad dengan baik.

Dalam bahasa Arab, Fatima berarti "menawan" atau "bersinar". Fatima adalah nama gadis yang sangat populer di berbagai negara yang didominasi Syiah. Nama tersebut menjadi populer di Amerika Serikat, dan kini menduduki peringkat 270. Beberapa tokoh ternama yang menggunakan Fatima antara lain, Fatima Muhammad al-Fihri (pendiri universitas tertua di dunia, Universitas Al-Karaouine di Fez, Maroko, Fatima Suryya Bajia (seorang penulis asal Pakistan), Fatima Said (model berdarah Somali-Amerika yang sempat mengikuti America's Next Top Model).

 (Baca Juga:Bikin Semua Perempuan Iri, 5 Putri Kerajaan Ini Punya Paras Tercantik di Dunia, Nomor 4 Idaman Banget!)

Aisha

Aisha atau juga bisa dieja Ayesha adalah bahasa Arab yang memiliki arti hidup dan makmur. Nama ini sangat popuer untuk bayi perempuan di dunia Islam. Ia menduduk peringkat 389 di Amerika Serikat berdasarkan data yang dikeluarkan pada tahun 2018. Nama Aisyah juga diidentikkan dengan sejarah Islam yang sangat kental.

Setelah kematian istri pertamanya, Khadijah, Nabi Muhammad menikahi Aisha, dan dia kemudian menjadi salah satu tokoh paling penting dalam ajaran Islam. Aisha menghabiskan sebagian besar hidupnya bersama Nabi Muhammad. Bahkan setelah ia meninggal dunia, ada banyak warisan yang diberikan Aisha kepada umat Islam. Salah satunya adalah wawasan serta keahlian dalam menafsirkan Al-Quran.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini