Cegah Kebocoran Usus dengan 7 Asupan, Jangan Tunggu Sampai Sakit!

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 27 Agustus 2018 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 27 298 1941992 cegah-kebocoran-usus-dengan-7-asupan-jangan-tunggu-sampai-sakit-abOILbha4E.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK masyarakat secara tidak sadar mengalami penyakit gangguan autoimun alias penyakit kebocoran usus. Padahal, masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan konsumsi makanan dengan benar.

Konsumsi makanan sehat sejak dini selalu diandalkan untuk kesehatan usus, namun tidak banyak orang melakukannya demi mendapat manfaat tersebut.

Nah, kini Anda harus memulai kebiasaan makan sehat untuk mencegah sindrom penyakit tersebut. Dilansir Okezone dari Thehealthsite, Senin (26/8/2018), berikut adalah 7 makanan sehat yang wajib dikonsumsi demi menjaga kesehatan usus.

Baca Juga: Pesona 4 Srikandi Berhijab Tim Voli Putri Indonesia

Makanan kaya lemak sehat

Jenis makanan tersebut cukup sederhana. Misalnya, Anda harus sering makan kuning telur, alpukat atau ikan yang bisa membantu melancarkan usus. Karenanya, makanan tersebut mudah dicerna, juga sehat dikonsumsi.


Buah-buahan

Konsumsi apel dan pir dalam diet harian Anda sangatlah dianjurkan. Namun, yang terbaik untuk mulai makan buah-buahan tersebut di pagi hari. Lebih sehat lagi setiap hari lebih sehat lagi makan 1-2 porsi buah-buahan segar, karena kaya serat dan asupan vitamin.


Sumber probiotik

Makanan bersumber probiotik seperti yoghurt, keju mentah, serta berbagai macam produk susu lainnya juga menjaga sistem pencernaan Anda. Makanan ini sangat baik untuk menjaga berkembangbiaknya bakteri baik yang berfungsi.

Baca Juga: 5 Pohon yang Disebut Rumah Makhluk Halus, Salah Satunya di Rumah Anda?

Akar licorice

Ini adalah ramuan adaptogenik yang berarti membantu mengurangi stres. Selain itu, akar ini juga membantu menyeimbangkan kadar kortisol dan meningkatkan produksi asam di lambung. Anda harus meminum ramuan ini agar mendapat manfaat tersebut.

Lemak omega-3

Ketika Anda memiliki sistem pencernaan yang terganggu, tentu harus memilih makanan seperti salmon, ikan tuna, ikan kakap, daging ayam kampung dan sebagainya. Makanan ini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam penyembuhan usus. Jadilah Anda bisa mencegah penyakit usus yang mudah mengganggu.

Produk kelapa

Semua jenis produk kelapa baik untuk usus Anda. Produk kelapa mengandung asam lemak rantai menengah, yang membuatnya lebih mudah untuk mencerna lemak. Tentu kelapa juga menjadi pelumas alami yang bisa melancarkan usus. Paling tidak saat masak makanan, ganti minyak sawit dengan minyak kelapa yang lebih sehat.

Biji-bijian

Biji rami, biji rami atau biji chia adalah sumber serat yang yang membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik. Saat makan apapun, tambahkan topping biji-bijian tersebut ke dalam hidangan Anda. Pastikan Anda tidak alergi karena bisa mengganggu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini