nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Cara Membuat Lilin Aroma Terapi Bekerja Optimal, Tidur Semakin Pulas!

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 28 Agustus 2018 02:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 27 481 1942186 3-cara-membuat-lilin-aroma-terapi-bekerja-optimal-tidur-semakin-pulas-BBzJDqRlz3.jpg Ilustrasi (Foto: Readersdigest)

PENGGUNAAN aroma terapi di rumah kini sudah menjadi hal yang lazim. Dulu mungkin aroma terapi hanya dapat ditemui di salon maupun spa. Tapi dengan semakin banyaknya orang yang mengetahui manfaat dari aroma terapi, maka penggunaannya bisa dilakukan di mana saja.

Aroma terapi memiliki sejumlah manfaat. Pertama, menjadikan kualitas tidur lebih baik sehingga menambah kenyamanan dan membantu melepaskan rasa lelah. Dengan begitu stres bisa menjadi hilang dan pikiran lebih tenang. Kedua, meringankan beban dan saraf mental karena aroma yang dihirup bisa menenangkan sistem saraf, meningkatkan kewaspadaan, menjaga mood tetap baik sepanjang hari, serta membuat tidur berkualitas.

Manfaat selanjutnya dari aroma terapi adalah meningkatkan energi sekaligus memperbaiki mood yang buruk sehingga baik untuk orang dengan beban pikiran yang berat. Manfaat-manfaat itu tentu bisa didapatkan dengan optimal apabila aroma terapi digunakan dengan benar. Seperti yang diketahui, aroma terapi bisa berupa minyak esensial atau lilin.

Bagi Anda yang memilih menggunakan lilin aroma terapi, ada beberapa perawatan yang harus dilakukan. Berikut ulasannya seperti yang dikutip Okezone dari Evening Standard, Selasa (28/8/2018):

1. Biarkan terbakar hingga ke tepi

Lelehan lilin yang menyala biasanya akan menggenang. Beberapa orang mungkin memilih langsung membuang genangan agar tidak meluber kemana-mana. Tapi ada pula yang memilih mendiamkannya. Sebenarnya cara inilah yang dianjurkan, terlebih bila lilin baru pertama kali dinyalakan. Membuatnya tetap tergenang membuat lilin memberikan hasil maksimal pada aromanya.

lilin aromaterapi

2. Pasang satu jam sebelum tamu datang

Beberapa orang sengaja memasang lilin aroma terapi untuk mengesankan para tamunya. Supaya para tamu dapat optimal menghirup aroma yang sengaja dipasang, nyalakan lilin paling tidak satu jam sebelum mereka datang. Setelah tamu datang, padamkan lilin sehingga aroma dapat menyebar dengan maksimal.

3. Jangan meniup lilin

Berbeda dengan lilin biasa, usahakan untuk tidak meniup lilin aroma terapi bila ingin memadamkannya. Cara itu akan membuat aromanya menjadi terpencar atau yang keluar tidak seharusnya. Sebaliknya, padamkan lilin dengan menutupnya. Kebanyakan lilin dikemas dengan tutup.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini