nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kafe Ini Dijalankan oleh Para Penderita HIV/AIDS, Berani Datang?

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Selasa 28 Agustus 2018 13:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 28 196 1942444 kafe-ini-dijalankan-oleh-para-penderita-hiv-aids-berani-datang-7nmVV6Tolh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT HIV dan Aids, menjadi penyakit mematikan yang belum diketahui obatnya hingga saat ini. Ini merupakan salah satu penyakit menular yang sangat berbahaya bagi manusia. Wajar saja jika beberapa masyarakat takut tertular jika menemukan seseorang yang telah terjangkit virus HIV/AIDS.

Namun, pemikiran tertular penyakit mematikan ini tidak selama sama. Sebuah kafe yang terletak di Lake Gardens, Kolkata Selatan, dijalankan oleh 10 orang HIV-positif. Ini merupakan langkah positif yang menjadikan India tempat yang lebih baik di mana setiap individu dapat memiliki hak yang sama.

Berdirinya sebuah kafe ini berdasarkan, inisiatif yang ditangani oleh Offer, sebuah LSM yang telah melayani anak-anak kurang mampu yang menderita HIV / AIDS.

Baca Juga: Mengenal Nenek Kerre Mastanamma, YouTuber Usia 106 Tahun yang Populer karena Cara Memasaknya yang Unik

10 orang ini adalah bagian dari 71 penduduk Anandarghar. Tempat ini merupakan sebuah rumah bagi orang yang menderita HIV-positif di Gobindapur, yang telah ditinggalkan oleh keluarga mereka. Mereka semua ditelantarkan setelah dinyatakan mengidap HIV positif selama masa kanak-kanak.

Tantangan terbesar bagi LSM ini adalah mendapatkan tempat untuk membuka sebuah kafe. Mereka harus berjuang selama 6 bulan sebelum Indrajyoti Dasgupta, anggota Rotary Club of Kolkata membantu mereka dengan garasi berukuran 12 X 10 kaki di Jodhpur Park untuk menjalankan kafe.

Dia ingin membantu kegiatan mulia ini hingga rela memarkir mobilnya di jalanan hingga menemukan tempat parkir alternatif.

Sebagaimana disadur Times of India, Selasa (28/8/2018), ide ini bertujuan membuat orang-orang semakin mandiri secara finansial. Mereka telah dilatih secara profesional dan diberikan dana untuk menjalankan kafetaria ini.

Baca Juga: Baju Jonatan Christie saat Bertanding di Semi Final Ternyata Typo, Netizen: Pantesan Di-Give Away-in!

Selain itu LSM ini juga ingin memperbaiki kesalahpahaman dan tabu masyarakat dalam pikiran makanan akan disiapkan oleh koki profesional. Dinding kaca kafe akan membantu pelanggan untuk melihat pandangan yang jelas tentang bagaimana makanan sedang dipersiapkan. Pada tempat ini, pelanggan juga memiliki fasilitas untuk membuat kopi mereka sendiri.

Kafe unik ini menjual kopi panas dan dingin, mocktails, 4 jenis kue, sayuran dan sandwich non-veg serta aneka kue lainnya. Untuk saat ini, mereka berfokus pada layanan takeaway, sampai mereka menemukan tempat yang lebih besar untuk menampung orang-orang dengan tempat duduk yang nyaman.

Apa yang disebut hambatan sosial dan tabu hanya diciptakan oleh umat manusia dan pemikiran ini dapat dihapus hanya ketika manusia berusaha untuk menyingkirkannya. Langkah yang diambil Indrajyoti Dasgupta ini memberi secercah harapan untuk perubahan yang lebih besar yang dapat membuat India menjadi negara yang lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini