nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nikmati Nasi Kuning Laksa dan Abon Cakalang di Gorontalo, Lengkap dengan Lezatnya Sambal Dabu-Dabu

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 28 Agustus 2018 11:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 28 298 1942380 nikmati-nasi-kuning-laksa-dan-abon-cakalang-di-gorontalo-lengkap-dengan-lezatnya-sambal-dabu-dabu-70JZkjr2K1.jpg Nasi Kuning (Dimas Andhika/Okezone)

SELAIN Pulau Jawa, beberapa daerah di Indonesia ternyata juga memiliki olahan nasi kuning dengan keunikan masing-masing. Salah satunya adalah Gorontalo. Setidaknya ada dua varian nasi kuning yang bisa dinikmati wisatawan ketika berlibur di Gorontalo.

Pagi ini, Selasa (28/8/2018), Okezone berkesempatan mencicipi olahan nasi kuning abon cakalang di Rumah Makn Tante Ida. Sesuai dengan namanya, hidangan ini disajikan dengan taburan abon ikan cakalang, telur ayam rebus, kerik kentang, kerupuk, dan sambal dabu-dabu.

Menurut penuturan pemilik rumah makan, olahan nasi kuning ini sebetulnya berasal dari Manado. Namun karena rasanya yang khas, hidangan tersebut kini menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat lokal.

Baca juga: 5 Penyakit Menular di Papua Barat yang Jadi Sorotan Pemerintah, Hati-Hati Guys!

 Nasi Kuning (Dimas Andhika/Okezone)

"Nasi kuning asli Gorontalo itu hanya pakai laksa (bihun), lalu diberi taburan ikan tongkol goreng yang disuwir asal," ujar Ida saat ditemui Okezone di Jalan John Aryo Katili, Provinsi Gorontalo, Selasa (28/8/2018).

Olahan nasi kuning racikan Ibu Ida pun juga tidak kalah lezat. Keistimewaannya terletak pada taburan abon ikan yang diolah dengan teknik khusus. Ida mengaku menggunakan lebih dari 7 jenis rempah-rempah serta daging ikan cakalang yang masih segar.

 Baca juga: Lelah dan Stres Bekerja? Atasi dengan Teknik Jin Shin Jyutsu, Cuma Pakai Jari Loh!

"Ikannya dibawa langsung dari pelelangan. Jadi masih segar. Untuk proses pengolahannya, ikan harus dikukus terlebih dahulu, kemudian disuwir-suwir sebelum digoreng dengan api kecil," jelas Ida.

"Kalau warnanya sudah berubah kecokelatan, bumbu rempahnya baru dimasukkan. Jangan pakai minyak banyak-banyak. Kalah teksturnya terlalu garing, rasa gurihnya akan hilang," timpalnya.

 Nasi Kuning (Dimas Andhika/Okezone)

Kelezatan nasi kuning ini juga terletak pada olahan sambal dabu-dabu yang disediakan sebagai pelengkap hidangan. Sambal tersebut dibuat dari potongan daging ikan roa yang telah dihaluskan, kemudian diuleg dengan cabai merah besar, bawang putih, dan gula merah.

 Baca juga: Cara Memanjakan Istri ala Nabi Muhammad, Dijamin Keluarga Kian Harmonis

Sementara untuk nasi kuningnya sendiri, Ida mengaku menambahkan santan dan jahe agar rasa gurihnya lebih nendang. "Selain kunyit, saya selalu tambahkan , bawang putih, garam, jahe, santan, dan pakai gula putih biar tambah gurih," tukasnya.

Harganya? Enggak bikin kantong bolong kok. Satu porsi nasi kuning dibanderol seharga Rp10 ribu. Jadi jangan ragu mencicipi hidangan ini saat berlibur di Gorontalo.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini