nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisata Kawah Ijen Bakal Ditutup Selama Sebulan, Kenapa?

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 28 Agustus 2018 12:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 28 406 1942425 wisata-kawah-ijen-bakal-ditutup-selama-sebulan-kenapa-nwXEkmNy1c.JPG

BANYUWANGI – Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen yang terletak di antara kawasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso ini, rencananya ditutup selama bulan September oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur.

Kepala BKSDA Jawa Timur, Nandang Prihadi, mengungkapkan penutupan ini sebagai antisipasi kebakaran menjelang acara Annual Meeting Internasional Monetary Fund-World Bank di Bali, pada Oktober nanti.

“Perlu dilakukan pencegahan bahaya kebakaran hutan, peningkatan kualitas sarana prasarana pelayanan pengunjung di TWA Ijen," jelasnya, Nandang Prihadi dalam keterangan tertulis kepada Okezone, Senin (27/8/2018).

Ia menambahkan peningkatan kualitas mulai dari perbaikan jalur pendakian dan sarana pendukung seperti pembangunan instalasi jaringan air bersih, pembangunan sarana wisata, pembangunan pos pengendalian kebakaran hutan dan embung air.

(Baca juga: Lelah dan Stres Bekerja? Atasi dengan Teknik Jin Shin Jyutsu, Cuma Pakai Jari Loh!)


“Disamping kami telah melakukan perjanjian kerjasama dengan salah perusahaan swasta untuk pemasangan BTS dan PLN untuk pemasangan jaringan listrik sampai ke Paltuding,” ungkapnya.

Meski demikian, penutupan Kawah Ijen nampaknya belum memiliki kepastian waktu, pihak BKSDA merencanakan akan menutup kunjungan pada 3 September hingga 30 September 2018.

"Kepastian waktu penutupan kunjungan, selanjutnya akan kami kordinasikan dengan Dinas Pariwisata (Banyuwangi dan Bondowoso) dan akan kami sampaikan pada kesempatan pertama," pungkasnya.

(Baca Juga: Mengenal Nenek Kerre Mastanamma, YouTuber Usia 106 Tahun yang Populer karena Cara Memasaknya yang Unik)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini