nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Taman Topi Bogor akan Tinggal Kenangan

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 28 Agustus 2018 15:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 28 406 1942485 taman-topi-bogor-akan-tinggal-kenangan-QBOUBkBeVO.jpg Taman topi (Foto: Bianglalanet)

BAGI warga kota hujan (julukan Kota Bogor), Plaza Kapten Muslihat atau Taman Topi Bogor yang dulu dikenal sebagai Taman Ade Irma Suryani pasti sudah tak asing dan banyak meninggalkan kenangan atau kesan tersendiri.

Betapa tidak, taman yang berdiri sejak 1975 itu dipastikan sebagai tempat wisata tertua di Kota Bogor. Bagi warga kelas menengah ke atas, Dufan atau Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, sebagai destinasi wisata favorit saat itu.

Namun, bagi anak-anak asli Kota Bogor kelas menengah ke bawah sudah bisa masuk bahkan merasakan sejumlah wahana di area Taman Ria, sebutan tempat wisata sebelum berubah nama menjadi Taman Irma Ade Suryani, Taman Topi, dan Plaza Kapten Muslihat, senangnya bukan main.

 (Baca Juga:Konglomerat Bambang Hartono Raih Perunggu, Netizen Bahas Bonusnya, Mulai untuk Uang Makan sampai Parkir)

“Saya oleh orang tua saya diajak ke Taman Topi dulu tahun 1990-an hampir setiap bulan, senang rasanya usia segitu bisa rekreasi sambil menikmati sejumlah wahana permainan yang memang dulu di Kota Bogor belum ada tempat wisata,” ungkap Asep Solihin, 39, warga Tanah Baru, Kota Bogor.

Berdasarkan pantauan, meski akhir tahun ini Taman Topi bakal disulap menjadi ruang terbuka hijau, tapi masih banyak para pedagang, baik di tenant maupun di area parkir yang berjualan menggunakan gerobak. Taman tersebut buka atau beroperasi setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 18.00 WIB.

Di dalam Taman Topi, anda dapat menikmati beragam wahana wisata di antaranya komidi putar, kereta kelinci, wahana gajah terbang, kincir mini, bom-bom car, atau flying fox , yang tentu sangat menyenangkan. Selain itu, masyarakat juga di bawah rimbunnya pohon dan udara sejuk dapat menikmati makanan ringan di kafe sederhana yang tersedia di dalam Taman Topi. Bahkan anda juga dapat membaca buku dengan harga sewa sangat terjangkau.

Setelah lelah bermain dan berkeliling, masyarakat juga dapat makan di kafe dengan beragam menu khas Indonesia yang enak dengan harga terjangkau, seperti soto ayam, nasi goreng, sop iga, iga bakar, chicken katsu, roti cane, pisang bakar, chesee burger, dan lainnya.

Menurut Kepala Humas PT Exotica (Plaza Kapten Muslihat), untuk harga tiket masuk Taman Topi, pengunjung hanya dipungut Rp2.000, sedangkan untuk harga tiket masuk ke Taman Ade Irma Suryani Rp10.000. “Sedangkan untuk parkir kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat hanya Rp3000,” katanya. Ia menuturkan, kawasan Taman Topi dulu adalah terminal. Namun, sebelum terminal kawasan itu sudah menjadi taman kota. “Dulu taman ria sendiri, Plaza Kapten Muslihat sendiri. Namun, tahun 1990 semua dibangun jadi satu,” katanya.

 (Baca Juga:Baju Jonatan Christie saat Bertanding di Semi Final Ternyata Typo, Netizen: Pantesan Di-Give Away-in!)

Menurutnya, eksistensi patung dan nama Kapten Muslihat di Taman Topi adalah untuk mengenang dan menghargai jasa Kapten Muslihat. “Kenapa ada patung dan nama Kapten Muslihat, karena dulunya Kapten Muslihat berjuang dan tumbang di sekitar Taman Topi dan Jembatan Merah. Beliau berjuang dengan jiwa raganya meski usianya masih muda,” tuturnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini