Lelah dan Stres Bekerja? Atasi dengan Teknik Jin Shin Jyutsu, Cuma Pakai Jari Loh!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 28 Agustus 2018 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 28 481 1942353 lelah-dan-stres-bekerja-atasi-dengan-teknik-jin-shin-jyutsu-cuma-pakai-jari-loh-cns9miXzXi.jpg Senam jari (Siangtai)

KESIBUKAN yang melanda masyarakat Ibu Kota terkadang membuat manusia kurang istirahat. Masyarakat dengan jadwal sibuk hanya memiliki sedikit waktu untuk istirahat dan relaksasi. Tentunya hal ini sangat merugikan bagi kehidupan seseorang.

Jika dibiarkan berlarut-larut, kurangnya istirahat dapat menyebabkan penumpukan stres yang membawa dampak besar pada kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Sebenarnya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini. Praktik Jepang kuno, mulai diadaptasi pada zaman modern. Mereka menawarkan cara cepat bagi masyarakat yang sibuk supaya mendapatkan relaksasi.

 Baca juga: 5 Penyakit Menular di Papua Barat yang Jadi Sorotan Pemerintah, Hati-Hati Guys!

Cara ini disebut dengan Jin Shin Jyutsu. Ini adalah teknik latihan jari dari Jepang yang diperkirakan telah ada hampir 1.500 tahun lalu untuk membantu menyembuhkan tubuh dengan "menyelaraskan energi kehidupan."

Senam Jari (Nextshark)

Praktisi teknik mengatakan bahwa menerapkan tekanan manual pada titik-titik tertentu di tangan dapat melepaskan ketegangan sebagai penyebab berbagai masalah dalam tubuh.

Para murid Jin Shin Jyutsu modern mengklaim bahwa catatan kuno yang terdapat dalam Archives of the Imperial Palace di Jepang menjelaskan bagaimana prinsip-prinsipnya berasal. Praktik ini dikenal telah ada jauh sebelum Kojiki.

Baca juga: Di Amerika Serikat, Angka Kematian Bunuh Diri Lebih Tinggi dari Diabetes, Kesehatan Mental Semakin Terancam!

Jin Shin Jyutsu didefinisikan sebagai "bagian bawaan dari kebijaksanaan manusia" yang menyederhanakan "kompleksitas eksistensi." Aplikasi modernnya dihidupkan kembali pada abad ke-20 oleh seorang pria Jepang bernama Jiro Murai yang mengambil inspirasi dari ajaran-ajaran sastra kuno, termasuk “Kitab dan Benda-benda Tua”.

Beberapa konsep tersebut memulihkan harmoni dalam saluran energi. Filosofi ini mirip dengan akupresur dan terapi akupunktur pengobatan tradisional Cina.

Berdasarkan penelitian dan pengalaman pribadinya, Murai mengklaim mampu mengoreksi dan menyesuaikan energi tubuh setiap kali tidak seimbang dengan fokus pada tangan. Filosofi ini tidak mengajarkan aturan khusus, termasuk waktu yang diperlukan untuk setiap latihan.

Baca juga: Cara Memanjakan Istri ala Nabi Muhammad, Dijamin Keluarga Kian Harmonis

Kabarnya cara ini hanya membutuhkan waktu sekira 5 menit pada setiap tangan untuk mencapai efek relaksasi. Jika dilakukan dengan benar, Jin Shin Jyutsu dapat memperbaiki ketidakseimbangan emosi tubuh yang disebabkan oleh ketakutan, kemarahan, kesedihan, kesombongan atau kebanggaan.

Sebagaimana dilansir Next Shark, Selasa (28/8/2018), Okezone akan membagikan beberapa langkah untuk melakukan Jin Shun Jyutsu.

1.Memegang ibu jari dengan erat selama satu sampai dua menit dikatakan dapat mengurangi kekhawatiran. Latihan ini juga membantu mencegah insomnia, pencernaan, sakit kepala, stres, kegelisahan, dan menenangkan.

2.Memegang jari telunjuk dengan erat selama satu hingga dua menit dipercaya dapat mengurangi rasa takut. Selain itu, cara ini dapat membantu menyembuhkan gigi dan gusi, sakit punggung, gangguan pencernaan, sembelit, self-criticism, rasa malu, ketegangan otot, ginjal dan energi kandung kemih.

3.Memegang jari tengah dengan erat selama satu sampai dua menit dikatakan dapat meredakan rasa marah. Latihan ini juga membantu tekanan darah, kelelahan, penglihatan, lekas marah, untuk menyeimbangkan emosi, atau energi hati dan ketika seseorang harus banyak membaca.

4.Memegang jari manis dengan erat selama satu sampai dua menit dapat melawan perasaan sedih. Cara ini juga membantu pendengaran, fungsi pernapasan, dahak, gangguan kulit, energi paru-paru dan usus besar.

 Baca juga: Memuliakan Anak-Anak Adam, Islam Tidak Pernah Membedakan Gender

5.Memegang jari kelingking dengan erat selama satu hingga dua menit bisa memberi dorongan kekuatan dan kepercayaan diri. Ini juga membantu jantung berdebar-debar, bengkak, rasa tidak aman, gugup.

6.Menekan ibu jari Anda di tengah telapak tangan akan langsung meredakan stres.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini