nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Galau hingga Makan Di-posting ke Sosmed Pengaruhi Kesehatan Mental Kamu, Ini Faktanya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 28 Agustus 2018 13:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 28 481 1942429 galau-hingga-makan-di-posting-ke-sosmed-pengaruhi-kesehatan-mental-kamu-ini-faktanya-0CQub1kWmJ.jpg Milenial (Shutterstock)

APAKAH Anda termasuk generasi media sosial? Galau sedikit, curhat di status. Nyobain makanan baru, posting di Instagram. Apa pun dilakukan secara online dan sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan.

Kalau sudah begini, awas Anda bisa mengalami masalah kesehatan mental yang serius! Ya, berdasar fakta ilmiah, terlalu lama berselancar di internet bisa mengakibatkan gangguan mental serius. Seperti yang dijelaskan di Bustle, Selasa (28/8/2018).

 Baca juga: Lelah dan Stres Bekerja? Atasi dengan Teknik Jin Shin Jyutsu, Cuma Pakai Jari Loh!

Menurut laman yang dikutip Okezone itu, dilaporkan CNN pada tahun 2016, satu survei menemukan orang dewasa di AS menghabiskan hampir sebelas jam sehari di laptop, ponsel cerdas, atau perangkat lain (angka yang hampir pasti bertambah, seperti yang diproyeksikan, selama dua tahun terakhir). Jadi pada dasarnya, laptop dan telepon adalah ruang virtual yang Anda habiskan seperti "rumah".

Upload di Sosmed

"Saya melihat fenomena larut dalam dunia maya sebagai refleksi dari rutinitas, gaya hidup, dan minat," kata terapis dan pendiri She is Strong and Mindful, Lorena Ramos, MA, LCSW. Dia menambahkan, banyak kliennya menemukan diri mereka tenggelam dalam lautan informasi dan pilihan. Faktanya, dia menemukan mereka yang memiliki banyak waktu berselancar di media sosial biasanya akan sangat melelahkan dirinya sendiri.

 Baca juga: 5 Penyakit Menular di Papua Barat yang Jadi Sorotan Pemerintah, Hati-Hati Guys!

Ramos melanjutkan, memiliki waktu lama berselancar di media sosial dapat merangsang otak bekerja lebih. Hal ini yang membuat Anda lebih sulit berpikir untuk memproses informasi. "Kami cenderung mengasosiasikan, memiliki lebih banyak waktu untuk media sosial dengan menjadi lebih produktif," kata Ramos. Nah, hal ini yang kemudian membuat Anda kelelahan mental dan tingkat kecemasan serta stres lebih tinggi lagi.

Sosial Media

Ramos menambahkan, multitasking di laptop dapat menyebabkan kelelahan dan kebosanan yang menyebabkan penurunan produktivitas dan kinerja di tempat kerja. Bahkan, sebuah studi 2014 yang dilakukan di Stanford University menunjukkan multitasking dapat benar-benar memengaruhi fungsi kognitif Anda dan menghalangi tujuan karir Anda.

Baca juga: Cara Memanjakan Istri ala Nabi Muhammad, Dijamin Keluarga Kian Harmonis

"Aksenilitas ke informasi memfasilitasi pekerjaan itu juga berkaitan dengan kemampuan Anda untuk fokus pada satu hal pada satu waktu," terang Ramos. "Lama berselancar di media sosial juga dapat menimbulkan gangguan yang tidak perlu di mana ini meningkatkan tingkat kecemasan dan stres, terutama ketika memiliki tenggat waktu yang mepet," sambungnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini