nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kale Sayuran Super yang Efektif Mengontrol Gula Darah

Firda Janati, Jurnalis · Selasa 28 Agustus 2018 19:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 28 481 1942457 kale-sayuran-super-yang-efektif-mengontrol-gula-darah-g6DnXokY7f.jpg Ilustrasi (Foto: Wellbeingsecrets)

KALE, sayuran super sehat yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Disebut juga sebagai salah satu makanan sehat di dunia. Anda dapat mengonsumsi kale secara mentah atau setelah dimasak.

Banyak nutrisi yang terkandung dalam sayur hijau ini. Di antaranya adalah vitamin A, C, dan K. Mengandung serat, asam lemak, omega-3, mineral seperti fosfor dan kalsium, juga antioksidan.

Okezone telah melansir dari Boldsky, Selasa (28/8/2018) sayur super ini juga dapat membantu melindungi Anda dari berbagai masalah kesehatan, seperti:

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kalium, serat dan vitamin B6 dan C hadir dalam bantuan kale dalam memerangi penyakit jantung. Jika Anda ingin mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Anda harus mengkonsumsi lebih banyak makanan yang kaya kalium dan menghindari makanan yang mengandung natrium di dalamnya. Potassium dalam memperlebar pembuluh darah dan mengurangi risiko serangan jantung.

Mengurangi Risiko Kanker

Jika Anda suka makan lebih banyak steak yang dibakar, tubuh Anda cenderung menyerap amina heterosiklik yang dapat memicu penyakit kanker. Makan kale dan sayuran berdaun hijau lainnya membantu mencegah kemungkinan tubuh kita menyerap karsinogen ini.

Manfaat Penderita Diabetes

Jika Anda menderita diabetes, Anda harus menyertakan kale dalam diet harian. Kandungan serat dan antioksidan dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah, juga membantu dalam meningkatkan kadar insulin dan lipid pada orang yang menderita diabetes tipe-2.

kale

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kale mengandung vitamin K yang membantu meningkatkan kesehatan tulang. Orang yang memiliki tulang lemah dan rapuh perlu mengonsumsi lebih banyak kale untuk memperkuat tulang. Vitamin K dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap lebih banyak kalsium dari makanan yang kita makan.

Bagus Untuk Pencernaan

Seperti yang kita ketahui, sayuran berdaun hijau ini mengandung banyak serat serta air. Serat dan air ini sangat bagus untuk pencernaan. Jika Anda menderita sembelit, mengonsumsi sayuran ini akan memperlancar buang air besar Anda. Konsumsi kale membantu dalam mempertahankan saluran pencernaan yang sehat. Sangat penting untuk memiliki pencernaan sehat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Cara Mengonsumsi Kale

Anda dapat mengonsumsi kale dengan berbagai cara. Kale memiliki tekstur yang renyah dan dapat dimakan dalam bentuk salad atau sandwich, sebagai lauk, dan bisa juga dibuat keripik kale, Anda juga bisa nikmati sayuran ini secara langsung atau dalam bentuk smoothie.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini