nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyakit Misterius, Bisa Bikin Tulang Anda Menghilang!

Fienca Amelia , Jurnalis · Selasa 28 Agustus 2018 14:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 28 481 1942493 penyakit-misterius-bisa-bikin-tulang-anda-menghilang-uorRCYsyjV.jpg Penyakit Tulang (Odditycentral)

KESEHATAN tulang sangatlah penting terutama ketika sudah memasuki usia 30 tahun. Penyakit seperti tulang keropos akan menghampiri jika Anda kekurangan vitamin D atau kalsium. Namun, berbeda dengan wanita berusia 44 tahun yang mengalami kondisi aneh yaitu ia kehilangan tulangnya bak sulap.

Dilansir Okezone dari Oddity Central pada Selasa (28/8/2018), penyakit tersebut dinamakan Vanishing Bones Syndrome. Para dokter di Royal Infirmary of Edinburgh di Skotlandia mengalami kasus yang sangat langka.

 Baca Juga: Galau hingga Makan Di-posting ke Sosmed Pengaruhi Kesehatan Mental Kamu, Ini Faktanya!

Penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit Gorham-Stout, kondisi yang sangat langka ini menyebabkan penderitanya mengalami kehilangan tulang yang progresif. Penyakit ini sangat jarang terjadi sehingga hanya ada 64 kasus yang tercatat dalam literatur medis sejak pertama kali dideskripsikan pada tahun 1838.

 Penyakit Tulang Langka (Odditycentral)

Pada orang yang sehat, tulang akan terus membangun kembali diri untuk membantu mempertahankan kekuatannya. Tulang yang rusak akan memperbaiki dirinya sendiri dan penyakit Gorham-Stout diyakini malfungsi dari proses ini.

Karena kondisinya sangat langka, penyakit ini sangat sulit untuk didiagnosis. Dalam kasus wanita di Edinburgh, dia pertama pergi ke dokter mengeluh sakit di bahu kirinya. Ketika dilakukan X-ray, hasil menunjukkan lesi pada tulang humerusnya. Ini membuat para dokter percaya bahwa dia mungkin mengidap kanker. Namun, hasil biopsinya terbukti tidak meyakinkan.

 Baca juga: Lelah dan Stres Bekerja? Atasi dengan Teknik Jin Shin Jyutsu, Cuma Pakai Jari Loh!

Satu setengah tahun berikutnya, gejala-gejalanya semakin memburuk, tetapi para dokter masih bingung dan tidak dapat memberikan diagnosis yang konkrit. Wanita itu mengalami rasa sakit dan bengkak di lengannya, dan bahkan begitu banyak benjolan kecil yang dapat menyebabkan fraktur dan menyakitkan.

Setelah 18 bulan yang panjang, dokter akhirnya bisa memberikan beberapa jawaban. Dengan hati-hati melihat sinar-X nya, dokter memperhatikan bahwa tulang humerus dan ulnarnya menjadi semakin berkurang setelah setiap pemindaian. Tes tambahan menegaskan bahwa tulangnya benar-benar menghilang. Anehnya, pertumbuhan pembuluh darah menggantikan jaringan tulangnya.

Jalan panjang menuju diagnosis tidak menemukan titik temu karena penyakit langka ini sulit dideteksi. Pemahaman dokter saat ini adalah kondisi ini dapat mempengaruhi tulang pasien dari segala usia dan jenis kelamin. Dan dokter masih belum mengetahui apa yang menyebabkan penyakit ini.

 Baca juga: 5 Penyakit Menular di Papua Barat yang Jadi Sorotan Pemerintah, Hati-Hati Guys!

Karena kelangkaannya, tidak ada pengobatan standar untuk penyakit Gorham-Stout. Dokter memilih untuk mengambil pendekatan bedah dengan menghapus daerah yang terkena tulang atau dengan mencangkok tulang baru untuk membantu mendorongnya memperbaiki dirinya sendiri. Pilihan pengobatan lainnya termasuk terapi radiasi atau resep obat.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini