nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunakan Odol Ternyata Tak Menjamin Kebersihan Gigi secara Sempurna

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 28 Agustus 2018 14:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 28 481 1942538 gunakan-odol-ternyata-tak-menjamin-kebersihan-gigi-secara-sempurna-RBrJW2EnSD.jpg Pasta Gigi (Foto: Wikipedia)

ANDA tentunya memiliki kebiasaan dalam menyikat gigi setiap hari. Aktivitas ini wajib dilakukan untuk menjaga gigi putih berkilau dan sehat. Dalam menyikat gigi, pasti Anda sering menggunakan pasta gigi. Lantas seberapa banyak pasta gigi yang diperlukan untuk mendapatkan gigi yang bersih.

Mungkin hal ini terlihat sepele, namun jika Anda salah dalam memberikan pasta gigi, maka tindakan akan berakhir dengan pemborosan. Dengan memberikan banyak pasta gigi, hal itu akan membuang-buang produk.

Baca Juga: Mengenal Nenek Kerre Mastanamma, YouTuber Usia 106 Tahun yang Populer karena Cara Memasaknya yang Unik

Banyak orang mengklaim dengan meletakan banyak pasta gigi pada sikat gigi Anda, maka akan meningkatkan kebersihan sekaligus memutihkan gigi dengan cepat. Pasta gigi yang larut bersama air dalam mulut juga akan menimbulkan busa yang dipercaya dapat menghilangkan bau mulut.

Pada kenyataannya, anggapan tersebut tidaklah benar. Menggunakan pasta gigi secara berlebihan tidak akan menjamin kebersihan gigi secara sempurna. Semua kembali lagi pada bagaimana Anda menyikat gigi Anda.

Lalu seberapa banyakkah pasta gigi yang Anda perlukan dalam sekali menyikat gigi? Pada kenyataannya, Anda hanya membutuhkan pasta gigi seukuran kacang polong untuk menyikat gigi dengan benar.

Pada anak-anak, usia 6 tahun kebawah, jumlah pasta gigi yang diperlukan sama dengan sebutir beras. Penggunaan pasta gigi memang dibatasi karena anak-anak mungkin menelan sebagian pasta gigi, yang dapat menyebabkan fluorosis yaitu bintik-bintik coklat pada gigi karena terlalu banyak fluoride.

Meskipun tidak ada bahaya bagi orang dewasa jika mereka menggunakan lebih banyak pasta gigi dari yang diperlukan, namun penggunaan berlebihan hanya akan menjadi sebuah pemborosan.

Anda tidak perlu menggunakan pasta gigi lebih dari ukuran gumpalan kacang polong untuk menjaga gigi tetap putih seperti mutiara. Satu-satunya tujuan utama pemberian pasta gigi adalah untuk memberikan fluoride dan pemutih.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini