Share

Kabar Gembira! Pria Berotot Umurnya Lebih Panjang Lho

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 28 Agustus 2018 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 28 481 1942588 kabar-gembira-pria-berotot-umurnya-lebih-panjang-lho-33BOENiLCg.jpg Pria berotot punya umur panjang (Foto:Ist)

 

HIDUP sehat dan membentuk otot tubuh memang bukanlah sekadar untuk gaya. Tapi jika Anda berotot, bakal merasakan banyak manfaat.

Seperti memiliki bentuk tubuh yang baik, penurunan risiko penyakit, tulang yang lebih kuat, ligamen dan lebih mudah bergerak. Dalam sebuah penelitian terbatu, seperti dilansir Okezone dari Thehealthsite, Selasa (28/8/2018) jumlah massa otot yang Anda miliki, mungkin menjadi indikator penting bagi kesehatan dan umur panjang secara keseluruhan.

Menurut para ilmuwan, massa otot yang Anda miliki, termasuk kekuatan genggaman tangan, kemudian akan berbanding terbalik dengan keterbatasan dan cacat mobilitas. Penelitian ini menganalisis data 8.326 pria dan wanita, berusia 65 dan lebih tua.

Tim meneliti faktor-faktor sosio-demografi, kondisi kesehatan kronis dan riwayat merokok. Mereka pun mencapai kesimpulan bahwa yang memiliki kekuatan otot di bawah 50%, mungkin meninggal dunia lebih awal, daripada mereka yang memiliki genggaman tangan yang lebih baik.

Namun dari tes yang sederhana dan hemat biaya itu, kekuatan genggaman tangan bukanlah bagian dari sebagian besar tes fisik rutin.

(Baca Juga: Lelah dan Stres Bekerja? Atasi dengan Teknik Jin Shin Jyutsu, Cuma Pakai Jari Loh!)

(Baca Juga: Mengenal Nenek Kerre Mastanamma, YouTuber Usia 106 Tahun yang Populer karena Cara Memasaknya yang Unik)

(Baca Juga: Coba The Hook Gaya Bercinta Klasik yang Bisa Buat Pria Terjepit)

Peneliti Pemimpin Kate Duchowny yang juga mahasiswa pasca-doktoral di University of California-San Francisco mengatakan, untuk mempertahankan otot yang lebih kuat di seluruh badan, terutama di tahap akhir kehidupan, sangat menentukan untuk umur panjang dan penuaan.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Gerontology: Medical Sciences, menyoroti bahwa pengujian otot di tubuh, bukan hanya untuk orang dewasa yang lebih tua, tetapi bahkan di usia paruh baya. Jika memiliki otot di bagian integral dan perawatan rutin, akan memungkinkan intervensi yang dapat menyebabkan peningkatan umur panjang.

Ada banyak penelitian yang dilakukan sebelumnya, yang juga menunjukkan bahwa tingkat kekuatan otot yang tinggi, memainkan peran penting dalam melindungi laki-laki dari semua penyebab kematian. So, tunggu apa lagi, tidak usah ragu kalau Anda ingin punya tubuh berotot, karena sangat menguntungkan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini