Alkohol Ampuh Usir Kutu Rambut, Ikuti Panduannya

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Selasa 28 Agustus 2018 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 28 481 1942617 alkohol-ampuh-usir-kutu-rambut-ikuti-panduannya-1Tl5U0PH2s.jpg Alkohol ampuh usir kutu rambut (Foto:Ist)

SALAH  satu parasit yang sangat mengganggu yang sering dialami setiap orang adalah kutu rambut. Mayoritas orang yang mengalami masalah ini tidak hanya akan membuat merasa jengkel tetapi juga bisa sangat menyakitkan jika tidak ditangani.

Sebagian besar anak-anak yang bersekolah atau bermain di taman bersama dengan teman-temannya yang lain akan dengan mudah diserang oleh kutu rambut yang gampang berpindah ini. Ketika hal ini terjadi pada anak Anda atau bahkan diri sendiri, tentu akan menyingkirkan parasit ini dengan menggunakan pestisida kuat yang sebenarnya dapat mengarah pada komplikasi yang berhubungan dengan kesehatan.

Tradisi kuno telah mengedepankan beberapa pengobatan rumah untuk mengobati kutu rambut, salah satunya dengan menggosok alkohol untuk membunuh kutu. Alkohol dipercaya dapat mengobati dan menyingkirkan kutu rambut secara efektif. Alkohol yang memiliki 70% larutan seperti isopropil alkohol dapat digunakan sebagai desinfektan untuk mengobati kutu rambut. Alkohol jenis ini berfungsi cukup kuat untuk membunuh kutu. Alkohol ini secara efektif dapat melarutkan tekstur secara permanen yang membuat nits menempel pada batang rambut. Metode ini dapat mencegah kutu menghisap darah di kepala Anda.

Dilansir dari boldsky.com pada Selasa (28/8/18), berikut adalah jenis-jenis alkohol yang dapat membunuh kutu rambut.

(Baca Juga: Lelah dan Stres Bekerja? Atasi dengan Teknik Jin Shin Jyutsu, Cuma Pakai Jari Loh!)

(Baca Juga: Mengenal Nenek Kerre Mastanamma, YouTuber Usia 106 Tahun yang Populer karena Cara Memasaknya yang Unik)

(Baca Juga: Coba The Hook Gaya Bercinta Klasik yang Bisa Buat Pria Terjepit)

1. Spirtus

Ambil wadah plastik dan tuangkan alkohol ke rambut Anda. Pijat alkohol menggunakan jari-jari untuk menyebar dan meratakan ke kulit kepala dan menyerap ke rambut. Biarkan selama beberapa waktu. Gosokkan beberapa kondisioner ke kulit kepala Anda. Sisir rambut Anda kemudian bilas. Ulangi proses ini seminggu sekali selama beberapa bulan. Anda dapat menggunakan sisir yang dicelupkan ke dalam alkohol untuk menyingkirkan kutu. Anda harus terus menyisir sampai semua rambut basah oleh alkohol.

 

2. Alkohol semprot dengan minyak lavender

Kutu kepala akan membenci bau lavender yang merupakan pengusir serangga alami. Gunakan botol semprot yang cukup isopropil alkohol ditambahkan bersama dengan beberapa tetes minyak lavender. Semprotkan ini ke kulit kepala dan rambut Anda. Saat basah, sisir rambut Anda kemudian bilas. Ulangi proses ini setiap 3 hari sekali.

 

3. Alkohol dengan cuka

Asam asetat yang ada dalam cuka dapat membunuh kutu rambut. Ini juga memfasilitasi melonggarnya cengkraman nits. Anda perlu mencampurkan jumlah alkohol, minyak bayi, dan cuka. Terapkan alkohol yang telah dicampur cuka ke kulit kepala dan rambut Anda. Tutupi rambut dengan pembungkus rambut, kemudian diamkan selama sekitar 1 jam lalu sisir secara menyeluruh. Bilas menggunakan sampo. Lakukan ini 2 kali dalam seminggu.

4. Pemutih

Anda dapat mencampurkan sekitar 4 sendok makan alkohol, cuka, dan pemutih. Tambahkan cukup air pada campuran ini. Tuang larutan ke dalam botol semprot, kocok dengan baik lalu semprotkan ke rambut Anda secara menyeluruh. Setelah itu, tutup rambut dengan pembungkus rambut. Biarkan semalaman dan sisir pada keesokan paginya. Cuci dengan sampo dan ulangi ini 2 hingga 3 kali perminggu.

5. Alkohol dengan minyak pohon teh

Minyak pohon teh dapat membunuh kutu rambut karena sifat insektisida. Ini juga dapat melonggarkan kulit kepala yang telah teriritasi karena goresan yang konstan. Campurkan sekitar 4 oz alkohol dan 20 tetes minyak pohon teh. Tuangkan campuran tersebut pada botol semprot lalu kocok. Setelah itu semprotkan pada kulit kepala juga rambut secara menyeluruh. Biarkan selama 1 jam dan kemudian cuci secara normal. Saat rambut basah, gunakan sisir nit untuk menyisir kutu. Ulangi ini 2 kali perminggu.

Namun, hati-hati saat menggunakan alkohol di kulit kepala Anda. Terlalu banyak menggunakan alkohol dapat menyebabkan sensasi terbakar di kulit kepala. Ingat bahwa alkohol itu mudah terbakar. Jadi, jika alkohol telah digunakan untuk mengobati kutu, maka jangan gunakan pengering rambut, catokan rambut atau pengriting rambut ketika rambut Anda masih basah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini