Jaga Hati Anda, Ini Makanan yang Harus Dimakan dan Tidak!

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Rabu 29 Agustus 2018 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 28 481 1942685 jaga-hati-anda-ini-makanan-yang-harus-dimakan-dan-tidak-hqjlPTFgvc.jpg Makanan Sehat (Shutterstock)

HATI adalah organ penting tubuh yang melakukan tugas-tugas penting bagi tubuh seperti mengeluarkan cairan empedu untuk membantu pencernaan dan mengurai racun yang dihasilkan dari alkohol, dan obat-obatan. Untuk menjaga agar hati Anda tetap sehat, Anda perlu memahami makanan apa yang baik dan yang buruk untuk kesehatan hati.

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang sehat, hati pun akan dapat berfungsi dengan baik sehingga Anda menjadi sehat secara keseluruhan. Tapi, jika Anda tidak berhati-hati memilih makanan yang Anda makan, hati dapat memperlambat fungsinya dan akhirnya dapat menyebabkan gagal hati atau penyakit hati berlemak.

Dilansir dari boldsky.com pada Rabu (29/8/2018), berikut adalah beberapa makanan yang baik dan yang buruk bagi kesehatan hati Anda.

 Baca juga: Permintaan Uang Rp22 Juta/Tamu Ditolak, Wanita Ini Batalkan Pernikahannya

Makanan yang baik untuk Hati

 

1. Brokoli


Brokoli (Shutterstock)

Menambahkan brokoli ke dalam daftar diet Anda akan membuat hati sehat. Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa sayuran yang renyah ini dapat melindungi Anda dari penyakit hati berlemak non-alkoholik dan kanker hati karena adanya senyawa yang disebut sulforaphane. Peneliti menemukan bahwa brokoli dapat mengurangi penyerapan lemak ke hati yang meningkatkan output lipid dari hati. Brokoli juga meningkatkan enzim detoksifikasi alami hati, mengurangi efek merusak dan meningkatkan kadar enzim hati pada darah.

2. Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal sarat dengan serat larut yang fantastis untuk membuat hati Anda bekerja sebaik-baiknya. Serat larut ini mengurangi low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat yang menumpuk di hati dan pembuluh darah. Ini juga mempengaruhi kadar kolesterol darah dengan menurunkan penyerapan kolesterol ke dalam darah dari usus.

 Baca juga: Tak Perlu Baru, Coba The Hook Gaya Bercinta Klasik yang Bisa Buat Pria Terjepit

3. Kopi

Kopi

Studi menunjukkan bahwa minum 2 hingga 3 cangkir kopi sehari dapat melindungi hati Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh diet yang tidak sehat dan minum alkohol yang berlebihan. Kopi dapat mencegah penumpukan lemak dan kolagen serta menurunkan risiko kanker hati. Beberapa teori juga menunjukkan bahwa paraxanthine dalam kafein menekan sintesis faktor pertumbuhan jaringan ikat, sehingga mengurangi perkembangan sirosis hati, kanker hati dan fibrosis hati.

4. Teh hijau

Teh Hijau

Teh hijau banyak mengandung katekin, antioksidan yang diketahui dapat mencegah dan mengobati banyak penyakit termasuk penyakit hati berlemak non-alkohol. Menurut University of Maryland, minum hingga 10 cangkir teh hijau sehari bermanfaat bagi hati Anda dan dapat menurukan risiko penyakit hati.

 Baca juga: Makanan Ajaib ini hanya Ada di Indonesia, Apa Saja?

5. Almond

almond

Kacang-kacangan seperti almond dapat melindungi tubuh dari penyakit hati berlemak karena adanya vitamin E dan lemak tak jenuh. Menurut penelitian, almond membantu menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Makanan yang buruk untuk hati

1. Makanan berlemak

Terlalu banyak makanan berlemak seperti kentang goreng, burger, daging merah yang tinggi akan lemak jenuh dan lain-lain. Makanan-makanan ini membuatnya lebih sulit bagi hati untuk melakukan tugasnya. Akhirnya malah dapat menyebabkan peradangan yang ujungnya menyebabkan jaringan parut pada hati yang dikenal dengan sirosis.

 Baca juga: Penyakit Misterius, Bisa Bikin Tulang Anda Menghilang!

2. Makanan manis

Mengkonsumsi terlalu banyak gula dapat merusak hati Anda karena gula diubah menjadi lemak dalam tubuh setelah dikonsumsi. Terlalu banyak sirup jagung fruktosa tinggi dan gula rafinasi menyebabkan penumpukan lemak di hati yang menyebabkan penyakit hati berlemak.

 Makanan Berlemak

3. Makanan natrium

Sup kalengan, makanan kemasan, dan makanan asin lainnya mengandung natrium yang menyebabkan retensi kelebihan cairan di hati dan menghentikan fungsinya. Asupan garam yang berlebihan menyebabkan perubahan sel-sel yang terkait dengan fibrosis sehingga berkontribusi terhadap kerusakan hati.

 Baca juga: Lelah dan Stres Bekerja? Atasi dengan Teknik Jin Shin Jyutsu, Cuma Pakai Jari Loh!

4. Makanan kemasan

Keripik, Pretzel, dan camilan tidak sehat lainnya penuh dengan garam, gula dan lemak trans. Tingginya kadar lemak trans menyebabkan pengendapan lemak trans dan membuat pengendapan lemak di hati yang dapat menyebabkan disfungsi hati.

5. Daging merah

Daging merah juga penuh dengan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol. Ini berbahaya bagi hati Anda. Asupan daging merah juga dapat meningkatkan risiko kanker hepatoseluler pada diri Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini