Kuteks Gel Ternyata Bisa Menimbun Bakteri di Kuku

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 28 Agustus 2018 22:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 28 481 1942744 kuteks-gel-ternyata-bisa-menimbun-bakteri-di-kuku-Qvbqvn6N6d.jpg Cat kuku (Foto: Pinterest)

BANYAK perempuan yang senang mengolesi kukunya dengan kuteks. Beberapa menganggap hal itu dapat mempercantik penampilannya. Kuku yang indah memang menjadi daya tarik tersendiri. Namun tahukah Anda bila kuteks dapat menyimpan banyak bakteri?

Kuteks ada beberapa jenis, salah satunya adalah kuteks gel. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa kuku yang dilapisi oleh kuteks gel dapat menimbun bakteri dengan jumlah paling banyak meski sudah dibersihkan.

Para ahli yang terlibat dalam penelitian itu menemukan timbunan bakteri di celah-celah kuku yang dipoles kuteks gel. Konon, kuteks jenis gel itu dapat membuat sanitasi tangan menjadi lebih sulit.

(Baca Juga:Baju Jonatan Christie saat Bertanding di Semi Final Ternyata Typo, Netizen: Pantesan Di-Give Away-in!)

Penelitian yang melibatkan kuku dari pekerja nail art menunjukkan gel polish menyimpan paling banyak kuman bahkan setelah penggunaan pembersih tangan antiseptik. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Infection Control itu didapatkan setelah para ahli mengukur kontaminasi bakteri selama 14 hari antara kuku yang tidak dicat dengan kuku yang diberikan kuteks gel.

Peneliti mengevaluasi lebih dari 700 jenis bakteri dan menemukan semua jenis kuku terkontaminasi dari waktu ke waktu terlepas dari produk yang digunakan. Akan tetapi penggunaan kuteks gel menjadi yang terburuk.

Oleh karenanya penggunaan kuteks gel tidak dianjurkan. Terlebih ada penelitan yang menunjukkan perawatan untuk kuteks gel dapat meningkatkan risiko kanker karena sering terpapar sinar UV.

Sayangnya peneliti tidak menganalisis tentang pertumbuhan bakteri. Barulah setelah ada penelitian baru ini semuanya menjadi jelas bila kuteks gel menyimpan banyak bakteri dan bisa membuat pemakainya mengalami infeksi. Padahal jenis kuteks ini cukup banyak diminati.

(Baca Juga:Konglomerat Bambang Hartono Raih Perunggu, Netizen Bahas Bonusnya, Mulai untuk Uang Makan sampai Parkir)

Semua bentuk kuteks gel membutuhkan pengawetan atau pengerasan di bawah sinar ultraviolet. Jenis kuteks ini populer karena lebih lembut pada kuku alami dan bisa tetap utuh paling tidak selama setahun. Hal inilah yang membuat kuteks ini banyak digunakan. Terlebih orang-orang terkenal seperti Kylie Jenner dan Vanessa Hudgens menunjukkan keindahan kuku mereka yang menggunakan kuteks gel. Belum lagi beberapa selebriti juga mengeluarkan produk tersebut. Demikian seperti yang dikutip Okezone dari News, Selasa (27/8/2018).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini