Pebulutangkis Jonatan Christie Betah Berbaju Basah saat Bertanding, Awas Ada Bahaya Mengintai!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 29 Agustus 2018 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 29 194 1943075 pebulutangkis-jonatan-christie-betah-berbaju-basah-saat-bertanding-awas-ada-bahaya-mengintai-DzNQSF7ib2.jpg Jonathan Christie (Foto: Istimewa)

PERTANDINGAN cabang olahraga bulu tangkis di Asian Games 2018 telah usai diselenggarakan. Banyak catatan sejarah yang akhirnya terukirĀ 

Tidak hanya bicara momen, banyak sosok pebulutangkis yang kemudian mendapat sorotan. Sebut saja Anthony Ginting yang sempat mengalami cedera otot kaki serius dan harus meninggalkan lapangan sebelum menyelesaikan pertandingan, ada juga aksi "ajaib" Kevin Sanjaya yang sempat mengganti raket di rally panjang melawan Fajar-Rian di pertandingan final.

Sosok lain yang juga menyita perhatian khalayak adalah Jonatan Christie. Pebulutangkis yang akrab disapa Jojo ini menjadi magnet baru bagi masyarakat Indonesia, khususnya kaum Hawa. Pesona ketampanannya dan kehebatan permainan dia menjadi daya tarik yang membuatnya bisa seterkenal sekarang.

Tapi, jika Anda mengikuti setiap pertandingan Jojo, mungkin Anda gregetan juga dengan aksi Jojo ogah mengganti baju basahnya. Ya, sebelum akhirnya aksi "Jojo ganti baju" viral di media sosial.

Jika menelisik pada masalah kesehatan, fungsi mengganti baju saat bertanding seperti yang dilakukan Jojo menjadi hal yang penting, lho. Pasalnya, dengan tidak mengganti baju yang basah, bahaya terkait kesehatan sangat besar risikonya!

Seperti yang dijelaskan Dokter Spesialis Kulit dr. Martinus, SpKK, jika pakaian Anda basah atau setidaknya lembap, sudah sepatutnya dikeringkan, diseka, atau ganti total. "Sebab, jika tetap dipaksakan dikenakan, maka yang bakal terjadi adalah masalah iritasi kulit serius," paparnya pada Okezone, Rabu (29/8/2018).

Dr. Martinus melanjutkan, harus dilihat juga bagaimana kondisinya memang. Ada beberapa momen yang tidak memungkinkan bagi Anda langsung mengganti baju basah tersebut. Tapi, tidak kemudian ogah melakukan tindakan alternatif lainnya. Ya, misalnya mengeringkannya dengan diangin-anginkan atau setidaknya diseka.

Kenapa malas mengganti baju basah ini kemudian menjadi masalah serius?

Dr Martinus menuturkan, ketika keringat berkumpul di satu pakaian, maka dipastikan ada penumpukan bakteri. Nah, kalau sudah ada bakteri di pakaian, dia akan mudah mengiritasi kulit. Masalah lanjutannya adalah berkumpulnya jamur di bagian tubuh yang berlipat. "Akhirnya, masalah jamur pun bisa Anda alami," tegasnya.

Masalah ini cukup serius khususnya pada Anda yang panas-panasan, keringetan, dan di udara terbuka. Risiko biang keringat menjadi sangat tinggi. "Biasanya ini bakal Anda rasakan di bagian punggung dan itulah yanh terjadi kalau Anda malas mengganti baju basah khususnya karena keringat," tambahnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini