nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Jealous sama Pasangan? Hal Sederhana Ini Bisa Jadi Solusinya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 29 Agustus 2018 12:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 29 196 1942969 sering-jealous-sama-pasangan-hal-sederhana-ini-bisa-jadi-solusinya-hLdaRS1n8g.jpg Hubungan Rusak (Boldsky)

TIDAK ada salahnya jika Anda memilih menjadi pacar yang protektif. Hal ini dianggap oleh sebagian orang sebagai tanda sayang Anda kepada pasangan.

Tapi, Anda mesti hati-hati dengan sikap protectif ini. Sebab, tak sedikit juga sikap ini menjadi bumerang bagi Anda sendiri. Pacar menjadi tidak nyaman berada di samping Anda menjadi salah satu dampak buruknya. Maka dari itu, pengendalian rasa cemburu dan selalu "mengawasi" penting dilakukan.

 Baca juga: Potret Kecantikan Sabina Altynbekova, Atlet Voli Putri Kazakhstan yang Memesona

Dilansir Okezone dari Bustle, Rabu (29/8/2018), Ahli Cinta dan Kencan Lindsey Chrisler menjelaskan bahwa rasa cemburu berlebihan bisa menjadi awal permasalahan dalam hubungan percintaan. Kalau Anda sudah merasakan perasaan khawatir belebihan sampai sulit beraktivitas, maka Anda mesti membuang jauh-jauh "tanda cinta" tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan rasa cemburu berlebih ini. Dalam laman ini, dijelaskan terdapat 3 cara sederhana yang dijamin bisa membuat Anda lebih terkenali dalam hal kecemburuan. Berikut penjelasannya

 Baca juga: Antusiasme Turis Asing saat Berpose dengan Mayat di Festival Ma nene Toraja

Hubungan Asmara

1. Interospeksi diri

Jika Anda tidak bisa berhenti cemburu, penting untuk melakukan interospeksi diri. "Beberapa pasangan ada yang sangat cemburu dan ini menyebabkan ketidakamanan yang berkembang di dalam," kata penulis dan ahli hubungan Alexis Nicole White kepada Bustle. "Mungkin mereka telah ditipu atau mereka telah menghabiskan banyak waktu dengan seorang individu yang membuat mereka mengembangkan ketidakpercayaan ini atau ketidakpercayaan orang lain," tambahnya. Jika Anda memiliki riwayat percintaan yang kurang baik khususnya pada masalah selingkuh atau penghianatan, maka jangan bayangkan hal tersebut di hubungan percintaan Anda dengan pasangan sekarang.

2. Kontrol diri

 

Jika Anda berpikir bahwa kecemburuan mungkin lebih didasarkan pada prinsip diri, maka penting untuk memikirkan cara mengatasinya sendiri. Hal ini berarti Anda harus mundur selangkah dari hubungan Anda dan mendapatkan kembali beberapa kemandirian. "Tanda yang dapat mengungkapkan kecemburuan ekstrim adalah ketergantungan emosional," kata Salama Marine, psikolog dan pakar kencan online untuk situs kencan EliteSingles.

Jika Anda merasa cemburu berlebih, Anda mungkin memerlukan solusi jangka pendek. Karena itu bisa menjadi pengalaman yang sangat mendalam, Anda perlu mengalihkan perhatian Anda. "Kecemburuan adalah sensasi dan pengalaman yang benar-benar tidak nyaman dalam tubuh Anda," kata Chrisler. "Pergi berlari, pergi ke kelas menari, atau melakukan sesuatu yang lain dengan tubuhmu akan mengubah sensasi itu dan membantumu keluar dari rasa cemburu dan membuatmu kembali ke keadaan normal," terangnya.

Baca juga: Baju Jonatan Christie saat Bertanding di Semi Final Ternyata Typo, Netizen: Pantesan Di-Give Away-in!

Hubungan Asmara

3. Bicara serius ke pasangan

Bahkan jika Anda tahu bahwa kecemburuan itu tidak masuk akal tetapi Anda merasa Anda tidak dapat menyingkirkannya, penting untuk berbicara dengan pasangan Anda. Mungkin ada sesuatu dalam hubungan Anda.

"Kecemburuan tidak selalu buruk, tetapi itu menandakan Anda bahwa kebutuhan atau perasaan emosional Anda mungkin tidak terpenuhi," kata Samantha Burns, pasangan konselor dan pelatih kencan di Love Successfully. Apakah Anda mencari keamanan dan validasi dari pasangan Anda atau ingin tahu bahwa Anda adalah prioritas utama, penting untuk menentukan apa alasan yang mendasari kecemburuan Anda sebelum Anda membiarkan masalah ini mengambil alih hubungan Anda.

Burns menamnahkan, tanyakan pada diri Anda sendiri apa yang bisa Anda selesaikan dan kelola secara emosional sendiri, kemudian setelah itu Anda jelas pada kebutuhan Anda. Berkomunikasi dengan pasangan Anda secara langsung adalah jalan keluar yang wajib diambil setelahnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini