nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Hal Bisa Selamatkan Rumah dari Pencurian, Perhatikan Tong Sampah Anda!

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 29 Agustus 2018 20:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 29 196 1943148 8-hal-bisa-selamatkan-rumah-dari-pencurian-perhatikan-tong-sampah-anda-ordseTBMWS.jpg Mencegah rumah dari pencuri (Foto:Ist)

KEJAHATAN ada bukan hanya karena ada niat, tapi juga ada kesempatan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mencegah tindak kejahatan seperti pencurian dan perampokan di rumah.

Rata-rata, para maling tersebut hanya melihat keadaan sekitar rumah, untuk kemudian mengambil keputusan masuk ke rumah tersebut. Nah, melansir RD ada 8 hal yang bisa membuat rumah Anda rawan kemalingan atau kecurian.

Lupa mengunci pintu depan

Hampir 50 persen perampok masuk melalui pintu depan. Satu dari empat pemilik rumah mengaku sering meninggalkan pintu depan tidak terkunci sesekali. Sebagian besar perampokan pun terjadi antara jam 10 pagi dan jam 3 sore, ketika Anda tengah bekerja.

Mereka akan pura-pura mengetuk pintu depan Anda sebagai penjual atau pengantar yang pura-pura menanyakan alamat, namun secara diam-diam memeriksa apakah pintu Anda terkunci dengan baik atau tidak.

Tong sampah

Membuang kardus sepatu atau bahkan kardus TV di depan rumah Anda, pada dasarnya mengiklankan fakta bahwa ada barang-barang tersebut di rumah Anda. Karena barang elektronik adalah sasaran kedua, setelah uang tunai, yang menjadikan rumah Anda sasaran yang sangat empuk.

Jadi, jika luangkan waktu untuk memotong kardus bekas packing tersebut, dan menggabungkannya di dalam kantong plastik besar agar tidak terlihat.

(Baca Juga: Potret Kecantikan Sabina Altynbekova, Atlet Voli Putri Kazakhstan yang Memesona)

(Baca Juga: Tato Burung Phoenix Milik Atlet Voli Kristina Karapetyan yang Bikin Pria-Pria Gagal Fokus)

 

(Baca Juga: Baju Jonatan Christie saat Bertanding di Semi Final Ternyata Typo, Netizen: Pantesan Di-Give Away-in!)

Jendela

Jendela juga menjadi salah satu sasaran utama, pintu masuk para pencuri setelah pintu depan. Hal ini karena jendela relatif lebih mudah untuk dicongkel ketimbang pintu. Bahkanm orang-orang yang rajin mengunci pintu juga sering meninggalkan jendela yang terbuka, apalagi ketika cuaca panas.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan teralis, atau menggunakan siku jendela yang hanya akan memungkinkan jendela dibuka beberapa inci saja.

Sosialisasi

Berkenalan dengan orang-orang yang tinggal di sekitar Anda, atau setidaknya beberapa tetangga bisa menyelamatkan rumah Anda, ketika ada kejadian yang tidak dinginkan. Anda tentu tidak ingin memberi tahu semua orang ketika Anda akan pergi ke luar kota, tetapi Anda harus memberi tahu rencana Anda kepada tetangga Anda.

Sehingga, jika mereka mendapatkan ada orang yang berprillaku aneh atau orang yang tidak mereka kenal, mereka dapat segera menegurnya/

Foto liburan

Sebuah penelitian mencatat 40 persen orang memajang foto mereka sedang berada di luar kota secara online. Hal ini mungkin dilakukan untuk mendapatkan banyak like, tapi itu juga memberi tahu teman dan kenalan Anda bahwa Anda sekarang jauh dari rumah, menjadikan rumah Anda target utama bagi siapa pun dengan niat buruk.

Nah, untuk mengakalinya pastikan profil media sosial Anda tidak bersifat publik, dan tunggu untuk memposting selfie liburan Anda sampai Anda tiba di rumah.

Lama Tinggal

Para penjahat cenderung menargetkan orang di lingkungan yang lebih baru, berharap untuk memanfaatkan penduduk yang baru di daerah tersebut dan mungkin belum begitu mengenalnya.

Jika Anda baru masuk perkampungan dengan penduduk yang sudah lama tinggal, di mana semua orang saling mengenal, maka Anda cenderung menjadi target. Mereka pun bisa berpura-pura sebagai saudara Anda, dan datang di waktu yang tidak Anda duga.

Pakai Kunci tambahan

Para pencuri rata-rata masuk dan keluar dalam waktu kurang dari sepuluh menit. Karenanya, memilih kunci pintu biasa akan mempermudah pencuri untuk masuk. Sebagian besar dari pencuri, tidak ingin membuang-buang waktu dengan mengotak-kotak kunci ganda atau kunci sekunder lainnya.

Jika dibutuhkan lebih dari satu menit untuk masuk, kemungkinan mereka akan meninggalkan rumah tersebut, dan menuju rumah lainnya. Karena itu, pastikan Anda memiliki kunci tambahan selain kunci utama.

Lampu luar ruangan

Pada malam hari, teman terbaik pencuri adalah rumah yang gelap. Nah, untuk menghalangi penjahat bergabung di kegelapan, mungkin akan lebih baik jika Anda memasang lampu di luar ruangan Anda untuk menerangi di malam hari. Pilihlah lampu yang hemat energi, jika Anda khawatir tagihan listrik mengalami kenaikan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini