nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Pulo Cinta, saat Liburan ke Gorontalo Ini 5 Tempat Wisata Wajib Dikunjungi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 29 Agustus 2018 15:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 29 406 1943107 selain-pulo-cinta-saat-liburan-ke-gorontalo-ini-5-tempat-wisata-wajib-dikunjungi-fIJqqJp9Pl.jpg Pulo Cinta wisata di Gorontalo (Foto:Instagram/@Pulocinta)

KAWASAN Indonesia timur dikenal memiliki keindahan alam yang begitu memesona. Sebut saja Pantai Bara di Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Wakatobi yang terletak di Provinsi Sulewesi Tenggara , hingga Pulo Cinta yang ada di Provinsi Gorontalo.

Meski tidak sepopuler Bali, Labuan Bajo, dan Raja Ampat, Provinsi Gorontalo terus berupaya menciptakan destinasi-destinasi baru, serta megoptimalkan objek wisata yang ada. Tujuannya adalah untuk menggaet wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Ada lebih dari 10 objek wisata unggulan yang dapat dijajal wisatawan saat berkunjung ke Gorontalo. Berikut Okezone rangkumkan 5 diantaranya, sebagaimana dihimpun dari booklet yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informatika Provinsi Gorontalo,  Rabu (29/8/2018).

(Baca Juga: Potret Kecantikan Sabina Altynbekova, Atlet Voli Putri Kazakhstan yang Memesona)

(Baca Juga: Tato Burung Phoenix Milik Atlet Voli Kristina Karapetyan yang Bikin Pria-Pria Gagal Fokus)

 

(Baca Juga: Baju Jonatan Christie saat Bertanding di Semi Final Ternyata Typo, Netizen: Pantesan Di-Give Away-in!)

 

Taman Laut Olele

Taman Laut Olele terletak di Desa Olele, Kecamatan Kabila. Untuk mengunjungi objek wisata ini, wisatawan dapat menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 21 menit dari pusat Kota Gorontalo.

A post shared by Maya Dama (@mayadama_) on

Taman Laut Olele menyuguhkan berbagai aktivitas wisata dan keindahan alam, diantaranya terdapat Goa Jin yang dihiasi ikan-ikan cantik, biota laut, bunga karang raksasa, dan terumbu karang yang indah. Beberapa jenis ikan di tempat ini bahkan masuk dalam kategori langka dan hanya dapat ditemui di perairan Teluk Tomini.

Desa Bobuho

A post shared by Tyo Afri (@tyoafri) on

Suasana religius berpadu dengan warna-warni kebudayaan serta kebersahajaan penduduknya, menjadi daya tarik Desa Bobuho. Tempat ini terletak di Kecamatan Batuda'a Pantai, dan dapat ditempuh selama 25 menit dari pusat Kota Gorontalo. Menurut penuturan Dayat, seorang pengusaha travel agent, Desa Bobuho biasanya ramai dikunjungi wisatawan menjelang perayaan Maulid Nabi. Di samping itu,terdapat pula Masjid Walima Emas yang terletak di atas bukit berketinggian 250 kaki di atas permukaan laut.

Pulau Saronde

A post shared by Nickelodeon_ (@mtha.mklntd) on

Berlibur ke Gorontalo belum afdol jika belum datang ke tempat yang satu ini. Pulau Saronde terletak di utara Teluk Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Meski lokasinya cukup jauh dari pusat kota (1,5 jam perjalanan darat), di tempat ini wisatawan dapat menikmati keindahan pulau dengan jejeran bangunan cottage, pohon pinus, dan pohon kelapa yang berada di tepi pantai. Hamparan terumbu karang yang cantik juga dapat dilihat dengan jelas tanpa perlu turun ke air.

Pantai Bilihu Timur

A post shared by Frizkha (@frizkha_utina) on

Objek wisata laut yang tak kalah menawan adalah Pantai Bilihu yang terletak di Desa Biluhu Timur, Kecamatan Batuda'a Pantai. Pantai ini berjarak 20 km dari pusat Kota Gorontalo, dan dapat ditempuh dalam waktu 60 menit. Salah satu keunikan pantai ini adalah deretan tebinggi sekitar 100 meter. Tebing tersebut berdiri sekitar 200 meter dari bibir pantai, dan menjadi salah satu spot selfie favorit wisatawan ketika berkunjung.

Museum Pendaratan Bung Karno

 

Bagi wisarawan yang menyukai wisata sejarah, Museum Pendaratan Bung Karno wajib Anda sambangi ketika berlibur di Gorontalo. Di museum ini Anda bisa menemukan berbagai dokumentasi kedatangan Presiden Pertama RI Ir. Soekarno, serta barang-barang kuno bersejarah. Lokasi Museum Pendaratan Pesawat Amphibi Bung Karno berjarak 12 km dan dapat ditempuh 15 menit dari pusat Kota Gorontalo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini