nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pria Ini Rela Bayar Rp282 Juta untuk Amputasi Kakinya, Mau Tahu Alasannya?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 29 Agustus 2018 10:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 29 481 1942914 pria-ini-rela-bayar-rp282-juta-untuk-amputasi-kakinya-mau-tahu-alasannya-OPCXEe8nN5.jpg Pria Amputasi (VT)

SEMUA orang pasti menilai bahwa memiliki anggota tubuh yang diamputasi akan terasa seperti sebuah mimpi buruk. Tapi hal ini tidak berlaku bagi pemain kriket, Rob Frank. Keputusan untuk mengamputasi kakinya dinilai sebagai yang terbaik dalam hidupnya.

Ia bahkan rela merogoh kocek sebesar 15 ribu poundsterling atau setara dengan Rp282 juta untuk mengamputasi kakinya. Meski telah kehilangan satu kaki, namun hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk bermain di lapangan.

 Baca juga: Baju Jonatan Christie saat Bertanding di Semi Final Ternyata Typo, Netizen: Pantesan Di-Give Away-in!

Ia justru berhasil mencetak batting rata-rata tertinggi dalam pertandingan kriket. Tentu Anda bertanya-tanya mengenai apa yang menyebabkan Rob ingin mengamputasi kakinya. Tentu saja ada alasan yang jelas dari keputusan yang diambilnya.

 Pria Amputasi (VT.co)

Masalahnya dimulai ketika Rob dirawat di rumah sakit setelah mengalami cedera olahraga. Di sana, para dokter menemukan tumor lima inci yang tumbuh di atas lutut kirinya. Dua tumor yang diprediksi menjadi ganas diangkat dari lututnya selama satu tahun terakhir, terbukti penyakit Rob berhasil diredam untuk sementara.

Namun, operasi itu secara kritis telah melemahkan lututnya, saat bermain kriket. Ia mengambil ayunan dengan tongkatnya tiba-tiba setengah dari kakinya patah yang membuatnya tidak dapat bergerak.

 Baca juga: Mengenal 5 Pebulutangkis Putra Indonesia yang Masuk Final Asian Games 2018

Rob ditinggalkan dalam penderitaan, dan tulangnya tidak dapat sembuh dengan sendirinya, meskipun telah melewati sejumlah operasi. Sejak saat itu Rob mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk mengatasi sakit kronis, dan depresi karena dia tidak bisa bergerak dan bermain dengan anak-anaknya.

Rob memutuskan bahwa akan lebih baik jika kakinya dilepas. Dia harus membayar untuk pembedahan, karena Dinas Kesehatan Nasional Inggris tidak dapat memberikan prosedur amputasi kepadanya. Alhasil ia membuat halaman penggalangan dana yang disebut "Get Rob Legless" untuk mengumpulkan uang tunai.

"Saya bermain kriket seminggu setelah menerima prosthesis olahraga saya. Saya kemudian melihat dokter, dan dia menggaruk-garuk kepalanya sambil berkata, 'Bagaimana Anda mengaturnya? Anda harus berada di tempat tidur untuk memulihkan diri,” cetus Rob, sebagaimana dilansir VT, Rabu (29/8/2018).

 Pria Amputasi (VT.co)

Sejak diamputasi Rob merasa seperti dapat melakukan apa saja sekarang. Ia juga mengaku bahwa mengamputasi kaki adalah keputusan terbaik dalam hidup. Rob berubah menjadi orang yang riang gembira, dan penuh dengan kehidupan bahagia, seperti yang ia rasakan sebelumnya.

 Baca juga: Sederet Kisah Keajaiban Medis di Luar Nalar, Kepala Putus Tapi Masih Bisa Hidup

"Saya tidak bisa tidur, saya tidak bisa bergerak dengan baik dan selalu berpikir tentang rasa sakit yang menghebohkan yang saya jalani. Apa yang mengerikan adalah saya tidak bisa bermain dengan anak-anak saya. Mereka ingin pergi keluar dan bermain sepak bola di sekitar, namun saya tidak bisa berada di sana untuk mereka,” sambungnya.

“Saya sadar bahwa kaki saya harus diamputasi. Mulai saat itu, hanya amputasi yang saya inginkan. Itu mungkin terdengar aneh, tetapi Anda harus memahami seberapa besar rasa sakitnya yang saya rasakan,” lanjutnya.

Rob mengaku bagi sebagian orang, bangun di pagi hari tanpa kondisi kaki yang lengkap mungkin akan sangat mengerikan. Namun, ia bersyukur karena sejak di amputasi ia sudah tidak merasakan sakit lagi. Kini ia sudah mampu menjalankan kembali hidupnya seperti biasanya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini