nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Bugar ala Atlet Jonatan Christie & Kawan-Kawan? Terapkan 7 Latihan Fisik Ini

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Rabu 29 Agustus 2018 14:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 29 481 1943038 mau-bugar-ala-atlet-jonatan-christie-kawan-kawan-terapkan-7-latihan-fisik-ini-TGGaI627s1.jpg Bugar ala atlet bulu tangkis (Foto:Okezone)

MEMBICARAKAN semaraknya selebrasi kejayaan tim bulu tangkis putera Indonesia dalam ASEAN GAMES 2018, pasti tak luput dari kehebohan warganet mengomentari betapa jagonya permainan Jonathan Christie dan, ahem, juga penampilan fisiknya.

Ya! Main badminton bukan cuma mengandalkan kelincahan kaki dan tangan untuk membuat lawan mati kutu. Untuk mengasah teknik bulu tangkis dasar Anda hingga jadi setajam Jojo, perlu juga untuk rajin melatih kekuatan fisik Anda agar daya tahan tubuh bisa tetap prima di sepanjang waktu permainan. Simak jenis-jenis latihan yang harus Anda terapkan secara rutin berikut ini.

Buat apa melatih kekuatan fisik?

Tujuan melatih kekuatan tubuh bukannya untuk menambah massa otot atau memperbesar badan. Pemain bulu tangkis, bahkan yang profesional sekalipun, melatih kekuatan fisiknya untuk meningkatkan performa mereka di lapangan hijau.

Kekuatan tubuh bagian atas diperlukan terutama untuk memukul atau menangkis tembakan bola kok. Sedangkan kekuatan tubuh bagian bawah sangat penting untuk melompat dan menambah kecepatan lari.

Melatih kekuatan tubuh bagian atas dan bawah akan membantu badan lebih kuat dan berstamina. Anda juga akan jadi lebih lincah, cepat, serta seimbang karena tubuh mampu mengantisipasi serangan atau gerakan yang tiba-tiba.

Jenis-jenis latihan kekuatan untuk mengasah teknik bulu tangkis

Jogging

Daya tahan merupakan kunci utama dalam teknik bulu tangkis. Semakin baik stamina Anda, semakin baik Anda membalas pukulan lawan sepanjang permainan tanpa kelelahan. Untuk mencapai daya tubuh yang optimal, lakukan jogging setidaknya 30 menit untuk 3 kali seminggu.

Skipping

Gerakan lompat tali (skipping) bisa melatih diri untuk lebih lebih nyaman terhadap kelincahan gerak kaki. Setidaknya lakukan skipping 10 menit setiap hari.

(Baca Juga: Potret Kecantikan Sabina Altynbekova, Atlet Voli Putri Kazakhstan yang Memesona)

(Baca Juga: Tato Burung Phoenix Milik Atlet Voli Kristina Karapetyan yang Bikin Pria-Pria Gagal Fokus)

(Baca Juga: Baju Jonatan Christie saat Bertanding di Semi Final Ternyata Typo, Netizen: Pantesan Di-Give Away-in!)

Standing Toe-up achilles stretch

Berdiri tegak, letakan salah satu kaki di atas sebuah kotak atau dataran yang lebih tinggi dengan menekuk lutut. Taruh setengah bagian telapak kaki hingga ke jari. Selanjutnya condongkan badan ke depan dengan posisi ke depan. Lakukan gerakan naik-turun selama beberapa kali untuk 2-3 set pengulangan.

Forward Lunges

Gerakan ini akan meregangkan otot pinggul dan otot hamstring Anda.. Dengan memasukkan latihan ini dalam olahraga badminton akan memperbaiki mobilitas Anda. Anda untuk permainan dan mengurangi risiko cedera.

 

Sekarang, letakkan salah satu kaki Anda di bagian depan dan badan tetap tegak dan jaga kedua kaki posisinya tetap rata dengan lantai atau tanah.

Wrist rolls

Badminton adalah olahraga yang banyak melibatkan aktivitas pergelangan tangan. Jadi sebelum mulai bermain badminton pastikan untuk sudah memersiapkan pergelangan tangan dalam pemanasan. Wrist rolls bertindak baik sebagai pemanasan dan peregangan untuk pergelangan tangan. Caranya dengan, kepalkan tangan Anda dengan kencang lalu putar membuat lingkaran ke arah luar. Putar 10 kali, lalu lakukan dengan berganti arah putaran.

Wrist flexor dan extensor

 

Luruskan lebih menghadap ke bawah (untuk gerakan flexor). Arahkan jari kebawah dari telapak tangan dan untuk extensor arah kan jari ke atas. Gambar paling atas merupakan gerakan wrist flexor dan yang bawah adalah wrist extensor.


Shadow badminton

Teknik bulu tangkis yang satu ini berujuan untuk membantu Anda membayangkan seperti apa jalannya pertandingan, lengkap dengan gerakan berpindah-pindah yang sering ditemukan sepanjang permainan badminton. Bedanya, Anda berlatih tanpa bola.

Untuk melatih teknik ini, Anda membutuhkan teman latihan yang akan memberi tahu Anda dari mana arah datangnya bola. Anda akan mengayunkan raket seakan-akan beneran menangkis serangan lawan. Teman latihan Anda akan memvariasikan “arah datang” bola untuk melatih ketangkasan dan kelincahan pergerakan kaki Anda. Dari memukul raket ke arah kanan bawah, ke kiri atas, lalu menunjuk ke bagian depan kanan, dan seterusnya. Anda harus mengikuti semua arah yang ditunjukkan partner.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini