34,44% Anak Telah Disuntik Vaksin MR, Pemerintah Kejar Target 95% Sampai Akhir September

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 29 Agustus 2018 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 29 481 1943056 34-44-anak-telah-disuntik-vaksin-mr-pemerintah-kejar-target-95-sampai-akhir-september-cH6AU8M1v1.jpg Menkes Nila kuker di Teluk Bintuni Papua Barat (Foto: Dewi/Okezone)

CAPAIAN target pemberian vaksin measles rubella (MR) untuk anak di luar Pulau Jawa sudah mencapai 34,44%. Menteri Kesehatan Prof Dr dr Nila Faried Moeloek, SpM(K) mendatangi setiap provinsi yang agar berhasil sesuai target yang diharapkan.

Setiap pekan, data yang dirilis Kementerian Kesehatan terus meningkat jumlahnya. Sementara target yang diharapkan sekira 95%. Saat ini belum mencapai target setengah dari yang diharapkan.

Namun program pemberian vaksin MR tetap berjalan hingga akhir September nanti. Banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk mendekati masyarakat supaya mau vaksin.

Masih banyak tugas pemerintah dalam pelaksanaan program vaksin MR di 28 provinsi luar Pulau Jawa. Vaksin ini harus didapatkan anak supaya bisa mencegah penyebaran campak dan rubella.

"Banyak variasi kondisi daerah (geografis), ada yang tinggi, rendah, bahkan sulit dijangkau. Capaiannya sekarang angkanya 34,44% anak atau 10.100.587 anak. Tapi target semua nanti sampai akhir September," ujar dia saat Kunjungan Kerja di Teluk Bintuni, Papua Barat, Rabu (29/8/2018).

Dia menambahkan, agar capaian program imunisasi MR berhasil, maka pemerintah pusat mengajak pemerintah daerah berkomitmen tinggi dan mengerti akan kesehatan.

Menkes Nila

Masyarakat juga harus dirangkul supaya mau pergi ke fasilitas kesehatan untuk dapat vaksin. Edukasi khusus juga dibutuhkan supaya masyarakat semakin sadar bahwa harus mencegah penyebaran penyakit.

"Komitmen itu penting sekali. Pemerintah daerah harus mengerti kesehatan itu hulu," tambahnya.

Penyakit yang sekiranya bisa dicegah dengan vaksin, lanjut dia, alangkah baiknya didapatkan. Orangtua harus peduli dengan kesehatan buah hatinya dengan cara apapun, termasuk pemberian vaksin.

Untuk meninjau keberhasilan program vaksin MR, Menkes Nila bersama beberapa media nasional mendatangi Kabupaten Teluk Bintuni di Papua Barat. Tidak mudah untuk mencapai kawasan tersebut, karena akses jalan tidak mulus. Malahan, butuh waktu sekira 8 jam untuk mencapai Kota Kalikapur itu dengan kendaraan darat dari Manokwari.

anak papua

Tapi menariknya, cakupan target imunisasi di Teluk Bintuni sudah melampaui target. Disebutkan bahwa per 27 Agustus 2018 sekira 101,2% anak di sana telah divaksin. Angka ini bahkan melebihi target sebelumnya.

"Harapannya di semua kabupaten di 28 provinsi bisa meningkat jumlahnya dan bisa menyukseskan program ini," pungkas dia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini