nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Kekurangan Vitamin D Memicu Kanker Payudara Ladies!

Firda Janati, Jurnalis · Kamis 30 Agustus 2018 05:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 29 481 1943292 hati-hati-kekurangan-vitamin-d-memicu-kanker-payudara-ladies-HVPffBKtfo.jpg Ilustrasi (Foto: Hindustantimes)

VITAMIN D memiliki banyak manfaat. Sebagai antioksidan, kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan matronutrien dalam vitamin D sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang. Kekurangan Vitamin D dapat berisiko terkena penyakit kronis seperti, diabetes, tekanan darah tinggi, bahkan kanker.

Sebuah penelitian yang dilansir Okezone dari Boldsky, Kamis (30/8/2018) mengungkapkan bahwa wanita dengan kadar vitamin D tinggi dalam darah, sekira 45 persen lebih rendah terkena kanker payudara dibanding yang memiliki kadar vitamin D rendah.

Karena itu, sebisa mungkin wanita tidak kekurangan asupan vitamin D harian untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. Bagaimana cara meningkatkan asupan vitamin D?

1. Paparan sinar matahari

Seperti yang kita ketahui, sinar matahari adalah sumber alami vitamin D. Anda bisa mendapatkan vitamin D dalam jumlah besar hanya dengan memaparkan diri Anda ke matahari pada pukul 6 hingga 9 pagi selama 15 menit, Anda bisa melakukannya tiga kali seminggu. Jangan terlalu lama terpapar sinar matahari karena berisiko terkena kanker kulit.

kanker payudara

2. Suplemen vitamin D

Suplemen vitamin D banyak tersedia di apotek. Sebelum Anda membelinya pastikan Anda mendapatkan kadar serum vitamin D yang telah diuji oleh dokter. Kadar vitamin D serum yang normal dalam tubuh Anda harus 40-60 ng / ml. Meskipun suplemen vitamin D dianggap aman. Anda harus berkonsultasi dahulu dengan dokter Anda sebelum Anda mengonsumsinya.

3. Konsumsi makanan

Ada beberapa makanan yang kaya akan vitamin D yang bisa anda konsumsi. Seperti, ikan salmon, lele, sarden, kembung, dan tiram.

Lalu, bagaimana cara mengetahui bahwa Anda kekurangan vitamin D? Cara sederhana untuk mengetahui apakah Anda kekurangan vitamin D adalah dengan melihat warna kulit Anda dan Indeks Massa Tubuh (IMT). Jika warna kulit Anda gelap, berarti Anda memiliki lebih banyak pigmen melanin yang tidak banyak menyerap radiasi UV dari matahari. Jika IMT Anda tinggi, bisa jadi Anda kekurangan vitamin D.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini