nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Ganti Baju di Lapangan, Pemain Tenis Cantik Ini Dikenai Denda

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 30 Agustus 2018 08:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 30 196 1943414 gara-gara-ganti-baju-di-lapangan-pemain-tenis-cantik-ini-dikenai-denda-7KFoZ6zqBp.jpg Atlet kena sangsi karena ganti busana di lapangan (Foto: Dailystar)

ADA beberapa aturan di dunia ini yang dibedakan antara laki-laki dan perempuan. Salah satunya adalah tentang perbedaan kode etik di lapangan bagi para atlet. Meski aturan itu tidak dituangkan secara tertulis, seorang petenis cantik asal Prancis, Alize Cornet harus menerima sanksi akibat mengganti baju di area lapangan. Sebelumnya, ia tidak berpikir apa yang dilakukannya akan melanggar kode etik, mengingat para pemain tenis lainnya seperti Rafael Nadal sering berganti baju di lapangan.

Dilansir dari Dailystar, Kamis (30/8/2018), kejadian ini terjadi saat Alize Cornet bertanding melawan Johanna Larsson dalam kompetisi US Open di pertandingan pembukaan. Saat itu, suhu mencapai 35 Celcius yang membuat para pemain serta penonton merasa kepanasan.

Akibat suhu yang panas tersebut, para petenis pria diberi waktu istirahat 10 menit pada akhir set ketiga. Sementara para pemain wanita diberi istirahat setelah set kedua. Cornet pun memanfaatkan waktu rehat itu untuk mengganti baju.

Namun saat masuk kembali ke lapangan, ia menyadari bahwa baju bagian atas yang bermotif chevron itu terbalik. Dengan cepat, ia melepaskannya untuk membetulkan bajunya. Saat melepas baju, bra olahraga berwarna hitamnya terlihat cukup jelas.

Hanya butuh waktu sekira 15 detik untuk memakai bajunya dengan benar. Namun atas aksinya itu, wasit kemudian memberi sanksi kepada Cornet karena dianggap melanggar kode etik.

Hal ini pun menimbulkan reaksi di media sosial, termasuk bintang tenis perempuan lainnya, salah satunya Judy Murray. Ia merasa ada perbedaan antara apa yang bisa dilakukukan oleh pria namun tidak bagi perempuan. Mantan kapten Piala Fed Inggris yang juga ibu dari petenis Andy Murray ini menuliskan pembelaannya untuk Cornet dalam Twitter.

"Alize Cornet kembali ke lapangan setelah istirahat 10 menit karena suhu panas. Memakai baju yang baru dengan bagian belakang di depan, menggantinya di belakang lapangan dan mendapat pelanggaran kode. Perilaku tidak sportif... tetapi laki-laki bisa mengganti baju di lapangan," tulisnya.

Cuitan ini pun mendapat dukungan dari sesama petenis lainnya. Bethanie Mattek-Sands menulis, "That's weak". Sementara Casey Dellacqua menulis, "Konyol".

Cornet sendiri melanjutkan pertandingan di mana ia kalah dari Larsson. Selama pertandingan, ia dilaporkan menangis dan mengatakan ingin muntah.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini