nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 6 Perubahan Drastis Payudara di Usia 40-an, Jadi Lebih Besar Loh!

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 31 Agustus 2018 05:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 30 196 1943864 ini-6-perubahan-drastis-payudara-di-usia-40-an-jadi-lebih-besar-loh-gDWGzloZw5.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEIRING bertambahnya usia tubuh akan mengalami perubahan. Pada perempuan, bagian yang paling terlihat jelas berubah adalah payudara. Mulai dari ukuran, bentuk, hingga nuansanya sendiri. Banyak penyebab terjadinya namun yang paling utama berkaitan erat dengan pergeseran siklus menstruasi.

"Setelah usia 40, banyak perempuan mulai mengalami peningkatan estrogen lebih tinggi untuk jangka waktu yang singkat," jelas Adeeti Gupta, MD seperti yang dikutip Okezone dari Health. Fluktuasi hormon biasanya terjadi selama pramenopause.

Berikut 6 perubahan payudara yang mungkin dialami perempuan di usia 40-an:

Baca Juga: Gara-Gara Ganti Baju di Lapangan, Pemain Tenis Cantik Ini Dikenai Denda

Menjadi ekstra sensitif

Memasuki masa pramenopause, kemungkinan besar siklus menstruasi menjadi lebih pendek alias lebih sering menstruasi. Otomatis PMS menjadi lebih sering terjadi. Biasanya pada saat itu payudara menjadi sensitif. Semakin sering PMS maka payudara semakin banyak mengalami nyeri dan pembengkakan.

Berukuran lebih besar

Penambahan berat badan, pembengkakan akibat perubahan hormon estrogen, dan peradangan yang meningkat pada tubuh di usia 40-an dapat membuat payudara bertambah besar. Pada sebagian perempuan yang memiliki payudara besar ukurannya mungkin tidak bertambah.

Menjadi kendur

Sudah bukan hal aneh lagi bila payudara menjadi kendur seiring berjalannya waktu karena kulit sudah tidak sekencang dulu. Namun payudara kendur serius biasanya tidak terjadi sampai usia 50-an ketika berada di tingkat pascamenopause dan estrogen berada pada level rendah.

Baca Juga: Potret Kecantikan Sabina Altynbekova, Atlet Voli Putri Kazakhstan yang Memesona

Memiliki lebih banyak gumpalan dan gundukan

Perubahan fibrokistik umum terjadi pada usia 40-an karena adanya fluktuasi hormon. Payudara mungkin terasa lebih bundar atau semakin bergelombang saat mendekati masa menstruasi. Bahkan tidak menumpuk kemungkinan adanya benjolan. Tapi khusus yang satu ini disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter karena mungkin saja merupakan gejala kanker payudara.

Menjadi lebih padat

Kepadatan payudara bukan sesuatu yang bisa dirasakan. Hal ini mengacu pada jumlah lemak yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah jaringan yang lebih banyak seperti kelenjar dan saluran. Satu-satunya cara untuk mengetahui kepadatan payudara menjalani mammogram. Kepadatan payudara sering dikaitkan dengan peluang melihat risiko kanker.

Lebih rentan terhadap kanker

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, payudara padat dan adanya benjolan bisa jadi perhatian khusus untuk mendeteksi kanker payudara. Risiko memang meningkat untuk perempuan di atas usia 40 tahun. Oleh karenanya dokter merekomendasikan untuk memulai skrining mammogram setiap tahun untuk melihat faktor risiko.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini