nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Pilihan Oleh-Oleh Menggiurkan Melancong dari Papua Barat

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 31 Agustus 2018 09:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 30 406 1943791 4-pilihan-oleh-oleh-menggiurkan-melancong-dari-papua-barat-y0WQ8H7xM6.jpg Oleh-oleh khas Papua (Foto: Dewi/Okezone)

PULANG melancong rasanya hampa kalau tidak membeli oleh-oleh. Apalagi kalau menginjakkan kaki di Tanah Papua Barat ya.

Pasti Anda memikirkan bakal membeli apa pulang dari sana. Sayang rasanya kalau tidak membawa pulang souvenir atau makanan khas untuk diberikan ke teman dekat atau keluarga.

Tak usaj bingung mau membeli benda apa sepulang dari Sana, Okezone berikan rekomendasi sebagai berikut, ditulis Jumat (30/8/2018).

1. Batik Papua

Indonesia kaya ragam wastra Nusantara dari Sabang-Merauke. Tak terkecuali Pulau Papua, juga terdapat koleksi kain batik yang unik. Rata-rata motifnya menggambarkan ciri khas Bumi Cendrawasih itu. Mulai dari motif Suku Asmat, rumah honai, burung cendrawasih, dan sebagainya. Harga per meter kain itu dijual seharga Rp35 ribu-Rp115 ribu. Tergantung selera dan bahannya yang ingin dibeli. Sebelum kembali ke kota asal, warna-warni wastra ini wajib Anda beli sebagai kenang-kenangan lho.

batik papua

2. Noken

Noken juga jadi salah satu barang wajib yang bisa dibeli dari Papua Barat. Masyarakat di sana menggunakan noken untuk bermacam fungsi. Mulai dari membawa baju, barang berharga, hasil panen, sampai menggendong anak. Semua fungsi itu disesuaikan dengan ukuran masing-masing. Okezone pun membeli noken ukuran kecil yang terbuat dari akar pohon yang telah dikeringkan. Harganya tidaklah mahal untuk kantung wisatawan, dibanderol sekira Rp100 ribuan.

Noken

3. Abon gulung

Roti Abon Gulung Hawai, sudah terkenal seantero Papua. Di Kota Manokwari tokonya lengkap menjual berbagai kudapan roti abon sapi, tuna, atau ayam. Camilan ini pasti selalu dicari-cari wisatawan saat melancong ke Papua. Harga satu kotak isi 10 dibanderol Rp150 ribu (original) dan160 ribu (kombinasi). Roti abon gulung seenak di Papua lumayan langka dicari. Tapi ternyata roti abon gulung bukan diciptakan oleh orang asli Papua, melainkan bahan bakunya dari Jakarta dan Surabaya. Tokonya sudah buka sejak tahun 2008 lho.

abon gulung

4. Kopi Wamena

Anda pasti sering dengar kalau Kopi Wamena punya cita rasa terenak dari semua jenis kopi di Indonesia. Sayang rasanya kalau Anda tidak membeli bubuk kopi di tempat asalnya. Soal harga sebenarnya hampir sama dengan di Jakarta, yakni Rp125 ribu (250 gram) sampai Rp225 ribu (500 gram). Hanya saja di tempat lain kopi single origin ini langka dicari karena cita rasa nutty, chocolate yang tidak pahit di lidah saat disesap.

Kopi Wamena

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini