nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Sering Ngemil Cokelat Risiko Gagal Jantung Meningkat!

Fienca Amelia , Jurnalis · Kamis 30 Agustus 2018 14:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 30 481 1943605 awas-sering-ngemil-cokelat-risiko-gagal-jantung-meningkat-oz5EJMLvki.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

COKELAT merupakan camilan yang paling disukai. Anak-anak sampai orang dewasa pasti akan menyukai cokelat. Rasanya yang manis sering dianggap dapat menaikkan berat badan.

Akan tetapi, mengkonsumsi cokelat batang baik bagi kesehatan kita. Dilansir Okezone dari DailyMail, para ilmuan menemukan konsumsi 3 batang setiap bulan dapat mengurangi risiko seseorang mengalami gagal jantung hingga 13 persen.

Seorang peneliti dari Sekolah Kedokteran Icahn di Newyork yang bernama Dr. Chayakrit Krittanawong percaya senyawa alami dalam coklat yang disebut flavonoid akan meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan membantu mengurangi peradangan.

“Saya percaya bahwa coklat adalah sumber makanan yang mengandung flavonoid untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kolesterol baik,” kata Dr. Chayakrit Krittanawong yang dikutip dari DailyMail, Kamis (30/8/2018). “Yang paling penting, flavonoid dapat meningkatkan oksida nitrat yang memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi,” tambahnya.

Dr Krittanawong percaya Dark Chocolate adalah yang paling sehat karena mengandung paling banyak flavonoid dan sedikit gula. Sebuah penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh universitas di Aberdeen, Manchester, Cambridge dan East Anglia menemukan orang yang rutin makan cokelat kecil kemungkinannya mengalami serangan jantung, stroke atau masalah kardiovaskular lainnya hanya 11 persen.

cokelat

Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi cokelat setiap hari. Karena makan cokelat setiap hari akan meningkatkan risiko gagal jantung sebanyak 17 persen. Kadar gula dan lemak yang dikonsumsi lebih sering akan berbahaya.

Ahli diet senior di Britis Heart Foundation bernama Victoria Taylor mengatakan bahwa konsumsi cokelat dalam jumlah yang banyak akan merusak jantung. “Analisis skala besar ini menunjukkan bahwa menikmati cokelat dalam jumlah sedang dapat melindungi Anda dari gagal jantung, tetapi terlalu banyak dapat merusak jantung,” kata Victoria

Penelitian, yang dipresentasikan pada konferensi European Society of Cardiology di Munich, mengamati lima penelitian yang melibatkan lebih dari 575.000 individu. Peneliti menemukan mereka yang makan cokelat setiap hari melihat risiko gagal jantung meningkat 17 persen. Gagal jantung mempengaruhi lebih dari 900.000 orang di Inggris dan hampir sepertiga dari mereka meninggal dalam satu tahun setelah diagnosis.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini