nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Telinga Kamu Gatal? Gini Loh Cara Mengatasinya

Firda Janati, Jurnalis · Kamis 30 Agustus 2018 19:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 30 481 1943633 telinga-kamu-gatal-gini-loh-cara-mengatasinya-7yRWwBuWh5.jpg Telinga (Davidavocadowolfe)

TELINGA kita penuh dengan serabut saraf yang sensitif, sehingga gatal pada telinga termasuk hal normal. Namun, jika terlalu sering gatal pada telinga bisa menjadi tanda-tanda kondisi medis.

Ada beberapa penyebab telinga gatal. Antara lain karena infeksi pada saluran telinga, jarang membersihkan telinga sehingga terlalu banyak kotoran, alergi makanan, alergi kulit seperti eksim, psoriasis, atau dermatitis seboroik.

 Baca juga: Awas, Sering Ngemil Cokelat Risiko Gagal Jantung Meningkat!

Okezone telah melansir dari Boldsky, Kamis (30/8/2018) akan memberikan beberapa cara untuk mengobatinya. Jika telinga gatal akibat alergi, hentikan penggunaan produk apa pun yang menyebabkan iritasi seperti anting dan produk perawatan pribadi. Jika Anda merasa gatal setelah makan makanan tertentu.

 Telinga

Anda bisa pergi menemui dokter THT (Telinga Hidung Tenggorokan) Dokter akan memberikan resep obat-obatan seperti salep antibiotik, minyak bayi, salep topikal steroid untuk peradangan (hidrokortison atau betametason).

 Baca juga: Bukan ke Jonatan Christie Netizen Malah Selamati Joshua Suherman, Reaksi Penyanyi 'Diobok-obok' Itu Bikin Ngakak!

Telinga gatal biasanya sering dirasakan oleh perenang, karena air yang masuk kedalam telinga dapat menyebabkan bakteri dan virus berkembang. Untuk mengatasinya Anda bisa meneteskan larutan asam asetat encer atau hydrogen peroksida

Jika Anda terus menerus mengalami telinga gatal hingga mengalami pendarahan dari telingga dan tidak dapat pendengar dengan jelas. Segera temui dokter THT (Telinga Hidung Tenggorokan). Dokter akan bertanya tentang riwayat medis Anda untuk mengidentifikasi penyebabnya. Dokter juga akan melihat kondisi telinga dan memeriksa kondisi kulit.

Telinga (Indiatimes)

 Baca juga: Malu Punya Betis Varises? Tutupi Saja dengan 4 Langkah Ini

Lalu, bagaimana Cara Mencegah Telinga Gatal?

Cara mencegah yang paling gampang adalah selalu membersikan telinga. Hindari makanan yang menimbulkan alergi dan jangan membersihkan telinga Anda dengan benda-benda seperti bobby pin atau klip kertas karena merupakan benda tajam dan bisa menyebabkan pendarahan. Gunakan satu atau dua tetes minyak mineral atau baby oil untuk menyingkirkan rasa gatal.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini