Awas! Buah Zakar Bisa "Matang" kalau Keseringan Lakukan 3 Kegiatan Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 31 Agustus 2018 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 30 481 1943643 awas-buah-zakar-bisa-matang-kalau-keseringan-lakukan-3-kegiatan-ini-167q5L8Efe.jpg Ilustrasi (Foto: Snopes )

BICARA mengenai alat kelamin tidak usah malu-malu kucing. Informasi ini menjadi penting untuk diketahui agar Anda tidak kaget dengan hal-hal bisa saja terjadi di luar nalar pikiran.

Seperti halnya masalah ini. Ya, yang namanya gangguan buah zakar itu bukan isapan jempol. Jika Anda tidak memerhatikan dengan baik aktivitas harian Anda, bisa saja itu berdampak pada buah zakar Anda. Salah satu masalah yang bisa terjadi adalah buah zakar "mateng"!

Duh, ngeri memang mendengar kalimatnya. Tapi, maksud dari pernyataan itu adalah testis Anda tidak memproduksi sperma dengan baik karena kondisi buah zakar yang tidak dalam kondisi prima. Dijelaskan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), MPH, buah zakar itu punya kondisi sempurnanya.

 Baca Juga: Gara-Gara Ganti Baju di Lapangan, Pemain Tenis Cantik Ini Dikenai Denda

"Jadi, kenapa akhirnya kantung buah zakar 'gantung-gantung' dan keriput? Itu untuk memastikan testis dalam kondisi yang dingin. Sebab, secara normal dan baiknya, suhu di kantung buah zakar itu harus lebih dingin 1/2 derajat lebih rendah dari suhu tubuh Anda," paparnya saat diwawancarai Okezone di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (31/8/2018). Prof Budi menjelaskan, ada 3 aktivitas yang bisa memengaruhi kualitas sperma.

Bersepeda

Olahraga memang disarankan untuk menunjang kesehatan tubuh Anda. Tapi, ada beberapa olahraga yang malah bisa membuat kondisi tubuh Anda tidak baik. Salah satunya mislanya sepeda dalam jarak yang tidak sewajarnya. Apalagi jika Anda memang tidak terbiasa sebelumnya.

Dudukan Anda pada jok sepeda membuat tekanan lebih pada buah zakar dan posisi ini bisa membuat buah zakar panas. Alhasil, produksi spermanya jadi terganggu karena suhu kantungnya terlalu panas.

Sauna

 

Banyak dari Anda yang mungkin suka berlama-lama di sauna. Tapi, siapa sangka kalau aktivitas ini bisa menyebabkan masalah pada testis. Menurut Prof Budi, aktivitas sauna yang menjadi masalah itu ketika Anda yang memang sudah memiliki masalah pada jumlah sperma, lalu rutin sauna. "Ya, abislah spermanya. Gimana akhirnya mau membuahi. Sauna juga bisa bikin buah zakar mateng, ujung-ujungnya produksi sperma menjadi terganggu," terangnya.

 Baca Juga: Potret Kecantikan Sabina Altynbekova, Atlet Voli Putri Kazakhstan yang Memesona

Simpan ponsel di celana

 

Hayo, apakah ini kebiasaan Anda? Kalau iya, sebaiknya dihilangkan. Sebab, sadar atau tidak, panas yang dialirkan ponsel bisa diserap oleh kulit dan karena area ponsel dan alat kelamin dekat, ini bisa membuat kantung testis menjadi panas juga. Sekali lagi, kalau testis panas, maka yang terjadi kemudian adalah sperma tidak terproduksi dengan baik. "Sperma itu rentan panas. Jadi, usahakan untuk tidak terpapar panas ponsel yang disimpan di saku celana," tambahnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini