nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Remehkan Bercak di Kulit, Waspadai sebagai Gejala Serangan Jantung

Fienca Amelia , Jurnalis · Kamis 30 Agustus 2018 20:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 30 481 1943672 jangan-remehkan-bercak-di-kulit-waspadai-sebagai-gejala-serangan-jantung-p1tNV0cXCY.jpg Waspadai bercak di kulit sebagai gejala serangan jantung (Foto:Ist)

SEPERTI yang sudah kita ketahui, jantung adalah salah satu dari lima organ vital tubuh dan juga merupakan bagian penting dari sistem peredaran darah. Fungsi utama jantung adalah membuang karbon dioksida dan limbah nitrogen dari darah lalu memasok darah beroksigen ke seluruh bagian tubuh. Jika ada kerusakan kecil pada jantung, suplai darah ke seluruh tubuh akan terhambat dan menyebabkan serangan jantung.

Serangan jantung adalah suatu kondisi di mana ada penyumbatan aliran darah ke jantung, yang disebabkan oleh pembekuan darah di arteri. Ketika pasokan darah ke jantung berhenti, jaringan-jaringan jantung mati dan akan terjadi kegagalan organ, yang mengarah ke serangan jantung.

Konsekuensi fatal dapat dicegah, jika perawatan diberikan tepat waktu. Seperti halnya dengan kondisi kesehatan lainnya, ada tanda-tanda atau gejala tertentu yang mungkin tidak terlihat oleh kita dan dapat mengindikasikan serangan jantung yang akan datang.

Dilansir dari Okezone pada Kamis (30/8/2019), sebuah penelitian menemukan, bercak pada kulit terutama di bokong menjadi salah satu tanda bahwa Anda akan mengalami serangan jantung. Jika Anda melihat bercak kecil yang sedikit bergelombang dan berwarna kekuningan, itu bisa menjadi tanda serangan jantung akan datang.

(Baca Juga: Gara-Gara Ganti Baju di Lapangan, Pemain Tenis Cantik Ini Dikenai Denda)

(Baca Juga: Potret Kecantikan Sabina Altynbekova, Atlet Voli Putri Kazakhstan yang Memesona)

 

Bercak pada kulit ini dapat muncul di bagian tubuh lain seperti di siku, lutut, dan kelopak mata. Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Lancaster, bercak ini dikenal dengan Xantomas. Bercak yang muncul disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh seseorang.

Ketika kolesterol tinggi, mereka akan membentuk lapisan plak di dinding arteri lalu mengeras dan menyebabkan gumpalan sehingga memicu serangan jantung. Jadi, ketika seseorang memiliki jumlah kolesterol yang sangat tinggi dalam tubuh, akan banyak bercak yang terlihat pada kulit.

Serangan jantung menyebabkan lebih dari 80% kematian orang dewasa per tahun. Sebuah laporan statistic menunjukkan bahwa selama 26 tahun terakhir, tingkat serangan jantung meningkat 34%. Ada banyak faktor penyebab terjadinya serangan jantung antara lain kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, stress, merokok, kurang berolahraga, diabetes, depresi dan faktor usia.

Sampai saat ini, belum ada bukti ilmiah yang jelas tentang bagaimana cara mencegah serangan jantung. Namun, para ahli menyarankan bahwa mengatur pola makan yang sehat, mengubah gaya hidup dengan tidak merokok, dan menjaga berat badan akan dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung secara signifikan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini