Selain Ngantuk, Ini 10 Dampak Buruk Kurang Tidur!

Firda Janati, Jurnalis · Kamis 30 Agustus 2018 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 30 481 1943767 selain-ngantuk-ini-10-dampak-buruk-kurang-tidur-fi9MIEdYxI.jpg Ilustrasi (Foto: Readersdigest)

TIDAK perlu ditanyakan lagi, bahwa kurang tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Kondisi fisik dan mental yang menjadi lemah, kurang fokus, kurang berenergi dalam menjalankan aktivitas dan masih banyak lagi hal negative yang terjadi.

Okezone telah melansir dari Indiatimes, Kamis (30/8/2018) 11 hal negatif yang akan terjadi jika Kamu kurang tidur.

1. Masalah pada daya ingat

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Nature.com, kurang tidur dapat memengaruhi kemampuan daya ingat seseorang. Mereka yang kurang tidur cenderung lebih peluda daripada yang tidur teratur. Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh beberapa relawan ini menunjukan hasil yang signifikan menganggu kemampuan untuk mengingat kata-kata yang telah ditunjukkan sehari sebelumnya.

2. Mudah tersinggung

Kita semua pernah melihat orang menjadi jengkel tanpa alasan yang jelas. Bisa jadi, orang yang mudah tersinggung tersebut tidak memiliki tidur yang cukup. Ketika tidak cukup tidur “mudah marah” akan menjadi kepribadian negatif akan melekat pada diri Kamu.

marah

3. Masalah penuaan kulit

Sebuah penelitian di University of Wisconsin menemukan bahwa orang-orang yang kurang tidur setidaknya hanya lima jam sehari. Mereka Mengalami kesulitan dalam pemulihan dari segala jenis kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet.

4. Menambah berat badan

Jika Kamu kurang tidur, perasaan untuk menolak makanan tinggi kalosi menjadi sulit dan keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat meningkat. Kurang tidur menciptakan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

5. Masalah pengelihatan

Kurang tidur dapat menyebabkan masalah pengelihatan, mata akan sering sakit, dan pengelihatan berbayang. Selain itu masalah halusinasi juga dapat terjadi jika Kamu kurang tidur.

6. Reaksi yang lambat

Menangani masalah dan keputusan tidak mungkin harus menunda. Tetapi, jika kamu kurang tidur, kamu akan kurang fokus dan lambat dalam menentukan keputusan. Kamua tidak ingin melewatkan kesempatan emas, bukan?

7. Sulit untuk fokus

Kurang tidur dapat mengalami masalah kesulitan fokus. Selain masalah kesulitan, tingkat kewasapadaan dan perhatian juga menurun. Jika Kamu sering kesulitan fokus, tidur bisa menjadi solusinya.

8. Menurunnya disfungsi seksual

Jika lebih banyak tidur berarti lebih banyak testosteron. Karena tidur dapat meningkatkan kadar testosteron. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Center for Biotechnology Information, Amerika, kurang tidur dikaitkan dengan penurunan libido dan disfungsi seksual.

disfungsi ereksi

9. Depresi

Penderita insomnia dan kurang tidur dua kali lebih mungkin mengalami depresi dan tidak bahagia. Meskipun tidak semua orang yang cukup tidur lebih bahagia, tetapi tidur yang baik dapat membuat orang lebih bahagia.

10. Sering lupa

Kurang tidur membuat Kamu lebih pelupa. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Center for Biotechnology Information, Amerika, menyarankan bahwa tidur sangat penting untuk proses konsolidasi hal-hal yang kita pelajari di otak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini