nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dihadiahi Kuda oleh Suami, Ini 6 Manfaat Sehat Bisa Didapatkan Sarwendah

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 30 Agustus 2018 23:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 30 481 1943808 dihadiahi-kuda-oleh-suami-ini-6-manfaat-sehat-bisa-didapatkan-sarwendah-Cmo2tBPlTV.gif Manfaat berkuda untuk kesehatan (Foto:Instagram)

SETIAP orang tentu ingin membahagiakan pasangan yang dicintainya. Salah satu cara untuk mewujudkan hal itu adalah memberikan hadiah kepada pasangan. Tidak harus yang mahal, namun memiliki makna yang dalam pada pasangannya. Bisa berupa benda favorit maupun yang sedang diidamkan.

Hal inilah yang dilakukan Ruben Onsu. Di hari ulang tahun istrinya, Sarwendah kemarin, presenter itu memberikan hadiah berupa kuda. Dari keterangan foto yang diunggah ke media sosial, diketahui ibu satu anak itu memang senang berkuda. Mendapat hadiah dari sang suami, mantan personel girlband Cherrybelle itu mengaku terharu.

"Tb2 ternyata kado dari suamiku adalahh KUDA, lgsg gk bisa berkata apa-apa badan sampai kaku keluar air mata karena senengg luar biasa, tapi tetep namanya istri lgsg ngomong omg sayang Dan dia hanya jawab, ya gpp syg km kan suka berkuda, ak kerja dari pagi sampai pagi ya buat bahagiain kaliann, terharuuu sangattt, makasih ya syg @ruben_onsu sayang kamu bangetttt.. 😘😘," tulis Sarwendah di keterangan foto seperti yang dikutip Okezone.

Biarpun berkuda bukanlah sesuatu kegiatan yang murah, tapi banyak manfaat yang bisa didapatkan. Terutama dari segi kesehatan. Melansir BT, Kamis (30/8/2018), inilah sederet manfaat berkuda:

1. Bentuk latihan yang bagus

Berkuda merupakan salah satu bentuk latihan dengan intensitas sedang. Oleh karenanya dapat dipastikan jumlah kalori yang dibakar dari kegiatan ini cukup banyak. Hal ini tentu baik untuk metabolisme tubuh.

 

2. Melatih kekuatan inti

Berkuda menuntut keseimbangan agar penunggangnya tidak jatuh. Caranya adalah menggunakan otot inti pada tubuh. Secara tidak langsung ini membantu melatih kekuatan inti. Berkuda merupakan latihan isometrik yang menargetkan otot-otot spesifik untuk tetap di posisi tertentu. Otot-otot di paha bagian dalam dan panggul juga ikut terlatih.

3. Membuat postur tubuh membaik

Selain melatih kekuatan inti, pose dalam berkuda dapat membuat postur tubuh lebih baik.

4. Memberikan kekuatan yang stabil

Berkuda bukan kegiatan yang mudah dilakukan. Terlebih kuda bisa memberikan perlawanan bila tidak ingin menuruti perintah penunggangnya. Untuk itu dibutuhkan kekuatan yang stabil. Seiring berjalannya waktu, kekuatan itu juga bisa meningkat bila terus dilatih.

 

5. Melatih keseimbangan dan koordinasi

Saat kuda bergerak dan berputar cepat, penunggang harus mampu menopang diri sendiri. Dia harus tangkas dalam melakukan gerakan untuk mengarahkan kuda. Hal ini menuntut keseimbangan dan koordinasi yang baik.

6. Baik untuk kesehatan mental

Saat berkuda semua anggota tubuh saling berkoordinasi dan otak dituntut untuk tetap fokus. Hal ini bisa membantu mengistirahatkan pikiran sejenak dari masalah yang menghantui. Selain itu, olahraga dan menghabiskan waktu dengan hewan diyakini meningkatkan kadar hormon serotonin untuk meningkatkan suasana hati sehingga baik bagi tubuh, otak, dan emosi seseorang.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini