Teman Pinjam Duit Tapi Belum Dikembalikan, Coba Trik Ini untuk Tagih Utangnya

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 31 Agustus 2018 09:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 31 196 1943959 teman-pinjam-duit-tapi-belum-dikembalikan-coba-trik-ini-untuk-tagih-utangnya-ZTFHrIc3xf.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MASALAH uang bisa membuat hubungan seseorang bisa merenggang. Meski hubungan Anda sebelumnya terjalin baik, namun uang bisa mengubahnya, apalagi gara-gara teman meminjam duit tapi enggan mengembalikannya.

Sebagai orang yang meminjamkan uang kepada teman, Anda mungkin merasa tak enak ketika akan menagihnya. Jika demikian, Anda tidak sendiri. Menurut survei di AS yang dilakukan kepada 9.000 orang dewasa, terungkap bahwa 28 persen wanita mengatakan mereka akan menunggu sampai orang lain membayar utangnya daripada menagihnya.

Namun, 65 persen wanita ingin mendapatkan uangnya lebih cepat ketika teman atau anggota keluarga berutang untuk keperluan bersama, seperti tiket konser atau makan bersama. Sedangkan 86 persen wanita dilaporkan tidak mendapatkan uangnya kembali ketika biaya bersama sudah dibayar lebih dulu.

Dilansir dari Bustle, Jumat (30/8/2018), inilah cara menagih utang teman dengan halus tanpa canggung:

Baca Juga: Gara-Gara Ganti Baju di Lapangan, Pemain Tenis Cantik Ini Dikenai Denda

Minta sesingkat dan semanis mungkin

Ahli keuangan pribadi di NerdWallet, Kimberly Palmer menygarankan agar Anda menagih dengan singkat dan manis.

"Mereka mungkin lupa bahwa mereka berutang uang kepada Anda. Di akhir percakapan tentang hal lain, Anda bisa menambahkan, 'Oh ngomong-mgomong, apa kamu ingin membayar uang yang aku pinjamkan ke kamu? Transfer atau cash bisa kok'," ujar Palmer.

Buat semudah mungkin

Buat mereka membayar kembali uang Anda semudah mungkin. Ahli keuangan Melissa Lowry mengatakan lebih cepat menagih akan lebih baik dan tidak menimbulkan kecanggungan. Anda juga bisa menagihnya dengan menggunakan aplikasi pembayaran seperti PayPal.

Baca Juga: Deretan Atlet yang Punya Paras Cantik, Pasti Bikin Kamu Gagal Fokus!

Jangan tunggu lama

Semakin lama Anda menagih utang, maka akan semakin buruk hasilnya. Ahli penghematan konsumsi sekaligus penulis, Andrea Woroch menyarankan Anda untuk menagihnya secepat mungkin. "Jika tidak, itu bisa menciptakan ketegangan pada hubungan pertemanan atau keluarga Anda yang mungkin lupa pada utangnya," kata Andrea.

Minta mereka membayar makanan pesanan Anda

Jika ingin sedikit lebih halus lagi, lakukan penagihan dengan memintanya membayar makanan yang sudah Anda pesan. Lalu jika harga pesanan Anda lebih banyak dari utangnya, Anda bisa membayar sisanya.

Katakan secara langsung

Menagih secara frontal mungkin sedikit kurang mengenakkan, namun jika tidak ada tanda-tanda dia akan membayar utangnya meski Anda sudah menagih dengan halus, katakan secara langsung.

Ahli keuangan Kathleen Grace mengatakan Anda bisa langsung menanyakannya. "Kira-kira kapan aku menerima uang yang aku pinjamkan?" atau "Hey, bisa enggak transfer uang yang pernah aku pinjamkan ke kamu?" bisa menjadi pilihan kalimatnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini