Share

5 Masakan Khas India yang Lezat untuk Lidah Orang Indonesia

Firda Janati, Okezone · Jum'at 31 Agustus 2018 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 31 298 1944171 5-masakan-khas-india-yang-lezat-untuk-lidah-orang-indonesia-w0fzp9wZHM.jpeg Omlette India (Foto: Indiatimes)

BANYAK makanan khas dari seluruh dunia yang enak, lezat, dan terkenal. India adalah salah satunya. Dikenal sebagai salah satu negara yang punya banyak ragam kuliner dengan masakannya yang khas akan bumbu dan rempah, menjadikannya sebagai negara dengan makanan paling lezat. Tidak hanya terkenal dinegaranya, tetapi juga dari berbagai negara.

Banyak komposisi bahan masakan India seperti rempah-rempah yang juga terdapat di Indonesia. Dari sekian banyak kuliner India, Okezone merekomendasikan dari Indiatime, Jumat (31/8/2018), 5 masakan India berikut ini gampang banget kamu coba dirumah.

1. Omlette India

Mudah dibuat dan lezat! Omlette khas India ini wajib kamu buat dan cocok untuk sarapan. Gunakan 2 butir telur tambahkan garam, lada, bawang, keju, dan bayam. Setelah semua tercampur merata Anda bisa langsung menggorengnya dengan minyak atau mentega agar rasa lebih gurih. Jika Anda ingin membawanya saat traveling. Masukan campuran adonan kedalam plastik dan tutup segelnya. Dalam perjalanan, Anda bisa memasaknya dengan panci berisikan air mendidih, taruh adonan tersebut dan tunggu hingga 10-15 menit.

Omlet

2 Poha

Jika sarapan di Indonesia identik dengan nasi goreng. Di India, Poha menjadi salah satu makanan yang cocok untuk sarapan. Selain itu, cara membuatnya sangat mudah. Cuci beras hingga bersih, masak hingga nasi matang merata. Panaskan minyak dalam wajan, setelah minyak panas, tambahkan biji sawi hitam. Setelah biji sawi meletus, tambahkan kacang, bawang, daun kenari, kari, dan cabai hijau. Tumis hingga dengan api sedang sampai kacang berubah warna menjadi emas. Tuangkan nasi, aduk hingga merata. Anda bisa menambahkan kentang, kunyit, lemon atau jeruk nipis agar rasanya lebih khas.

Poha

3. Kacang panggang dengan bawang dan tomat

Masukkan kacang kedalam panci anti lengket diatas api sedang. Teteskan minyak agar kacang tidak saling menempel. Tambahkan garam, bubuk cabe, dan gula. Aduk selama 3-5 menit sampai gula mencair. Setelah matang, diamkan hingga guna mengeras, lalu tambahkan bawang dan tomat. Aduk hingga merata.

kacang panggang

4. Chapattis

Roti Chapattis mirip dengan roti Tortilla. Cara buatnya cukup dengan campurkan garam dan tepung, tuangkan minyak, susu, atau yogurt agar adonan menjadi kaku. Masukkan dalam wadah, tutup, dan diamkan selama 15 menit. Gulung adonan sebesar bola hoki. Masak dalam wajan dengan dengan api sedang. Panggang hingga sedikit coklat. Chapattis cocok dimakan bersama kari atau Nuttela.

chapattis

5. Kentang atau ubi panggang

Kentang panggang atau Shakarkandi dalam bahasa India adalah makanan khas India dengan berbahan dasar kentang atau ubi. Panggang kentang atau ubi hingga matang merata selama sekitar 5-10 menit. Setelah matang, potong kecil-kecil dan sajikan dengan perasan lemon. Anda bisa menyajikannya dengan saus tartar.

Ubi Panggag

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini