nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Langkah Efektif Menghentikan Kebiasaan Merokok

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 31 Agustus 2018 14:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 31 481 1944139 5-langkah-efektif-menghentikan-kebiasaan-merokok-KwT2xKcTku.jpg

MEROKOK telah menjadi rutinitas sebagian masyarakat di Indonesia. Sangat mudah untuk menemukan orang yang mengonsumsi rokok dalam kehidupan sehari-hari. Namun, perlu Anda ketahui bahwa rokok memiliki efek buruk bagi kesehatan. 

Terkadang, banyak para perokok yang telah mengetahui efek berbahaya dari rokok dan memutuskan untuk berhenti untuk mengonsumsi rokok. Tapi mereka tidak mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk keluar dari lingkaran berbahaya tersebut. 

Alhasil mereka akan merasa tidak kuat jauh dari rokok dan terus mengonsumsinya meskipun sudah memiliki niat untuk berhenti. Tentu hal ini sangatlah disayangkan. Pasalnya, dengan niat yang kuat dan ditopang dengan berbagai cara yang efektif, maka kebiasaan mengonsumsi rokok ini dapat dihentikan dengan mudah. 

Menyadur dari Medical News Today, Jumat (31/8/2018), Okezone akan memberikan lima tips yang bisa Anda terapkan jika ingin sukses dalam menghilangkan kebiasaan merokok yang Anda lakukan. 

1. Menyiapkan tanggal yang tepat untuk berhenti merokok 

Setelah Anda memutuskan untuk berhenti merokok, Anda harus menetapkan tanggal berhenti. Pilih hari yang tidak terlalu jauh dengan tanggal saat ini sehingga Anda tidak berubah pikiran. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat berhenti merokok sesuai dengan tanggal yang ditentukan. 

Berhenti merokok secara tiba-tiba, atau berhenti secara bertahap. Cara ini akan kurangi asupan rokok Anda perlahan-lahan sampai mendekati tanggal Anda berhenti merokok. 

2. Gunakan NRTs 

Berhenti merokok tanpa bantuan Nicotine replacement therapy (NRT). Obat-obatan, atau terapi, adalah cara populer untuk berhenti merokok, namun hanya sekira 6 persen dari upaya berhenti ini yang berhasil. Sangat mudah untuk meremehkan seberapa kuat ketergantungan nikotin. 

NRT dapat mengurangi gejala mengidam yang dapat menghambat upaya Anda untuk berhenti merokok. NRT dirancang untuk menyapih tubuh Anda dari rokok dan memberi Anda dosis nikotin yang terkontrol. 

Jika Anda telah memutuskan untuk mengikuti rute NRT, diskusikan dosis Anda dengan dokter sebelum Anda berhenti merokok. Ingat bahwa menggunakan NRT hanyalah sementara. Tujuannya adalah untuk mengakhiri kecanduan nikotin dan tidak hanya berhenti dari tembakau. Hubungi ahli kesehatan jika Anda mengalami pusing, kelemahan, mual, muntah, detak jantung cepat atau tidak teratur, masalah mulut, atau pembengkakan kulit saat menggunakan produk ini. 

3. Pertimbangkan obat-obatan non nikotin 

FDA telah menyetujui dua obat yang tidak mengandung nikotin untuk membantu perokok berhenti merokok. Ini adalah bupropion (Zyban) dan varenicline (Chantix). Bicaralah dengan dokter jika Anda ingin mencoba salah satu obat untuk membantu Anda berhenti merokok. Pasalnya Anda akan memerlukan resep. 

Bupropion bertindak atas bahan kimia di otak yang memainkan peran dalam keinginan nikotin dan mengurangi keinginan dan gejala penarikan nikotin. Bupropion diambil dalam bentuk tablet selama 12 minggu, tetapi jika Anda telah berhasil berhenti merokok pada waktu itu, Anda dapat menggunakannya untuk 3 sampai 6 bulan lagi untuk mengurangi risiko kambuhnya rokok. 

Varenicline berfungsi untuk mengganggu reseptor nikotin di otak, yang mengurangi kenikmatan dari penggunaan tembakau, dan mengurangi gejala penarikan nikotin. Varenicline digunakan selama 12 minggu, tetapi jika Anda berhasil membuang kebiasaan tersebut, maka penggunakan obat selama 12 minggu dapat mengurangi risiko kambuh merokok. 

(Baca Juga: Tentara Wanita dari Rusia Ini Sangat Cantik, Ternyata Dia Adalah)


4. Cari dukungan dari orang sekitar 

Ketergantungan emosional dan fisik yang Anda miliki pada rokok membuatnya sulit untuk menjauh dari nikotin setelah hari Anda berhenti. Untuk berhenti, Anda perlu mengatasi ketergantungan ini. Mencoba layanan konseling, bahan bantuan mandiri, dan layanan dukungan dari orang terdekat Anda sangat tepat untuk melewati waktu ini. 

Menggabungkan obat - seperti NRT, bupropion, dan varenicline ditambah dengan dukungan dari orang sekitar akan meningkatkan kemungkinan penghentian merokok jangka panjang hingga 25 persen. Dukungan perilaku dapat berupa informasi tertulis atau saran. Terapi kelompok atau konseling individu secara langsung, melalui telepon, atau online. 

(Baca Juga: Fakta Mengejutkan Tentang 12 Zodiak)

5. Gunakan terapi alternatif 

Beberapa orang menemukan terapi alternatif yang berguna untuk membantu mereka berhenti merokok. Tetapi saat ini tidak ada bukti kuat bahwa semua ini akan meningkatkan peluang Anda untuk menjadi bebas rokok. Dalam beberapa kasus, metode ini dapat benar-benar menyebabkan orang untuk merokok lebih banyak. 

Rokok elektrik tidak seharusnya dijual sebagai bantuan berhenti merokok. Tetapi banyak orang yang merokok melihat mereka sebagai metode untuk menghentikan kebiasaan itu. Rokok elektrik adalah topik penelitian panas saat ini. Penelitian telah menemukan bahwa rokok elektrik lebih tidak menimbulkan kecanduan dibandingkan dengan rokok. 

(Baca Juga: Pesona Farah Ann, Atlet Malaysia yang Pernah Dikritik karena Umbar Aurat)

Peningkatan penggunaan rokok elektrik telah dikaitkan dengan peningkatan signifikan dalam penghentian merokok. Perokok yang sudah mapan dan menggunakan rokok elektrik setiap hari lebih mungkin menghentikan kebiasaan merokok daripada orang yang belum mencoba rokok elektrik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini